Tanam Pohon Buah-Buahan. Nikmati Hasilnya.

27 Mei, 2007 at 00:06 16 komentar

Sudah sejak lama keluarga saya selalu menaman banyak buah-buahan di rumah. Walaupun rumah kami tidak besar, kami mulai dari menanam jambu biji di pot. Pepaya pun bisa ditanam di pot. Setelah kami pindah ke rumah dengan taman yang lebih besar, kami lalu memiliki pohon rambutan, pohon nangka dan juga selalu jambu biji. Kalau pohon tersebut sedang panen, kita juga sampai bingung bagaimana mau menghabiskannya. Biasa kalau sedang panen nangka, ibu saya membuat semua menu menjadi nangka beserta puding nangka.

Setelah pindah lagi ke rumah yang sekarang jauh lebih kecil, kami tetap menjalankan kebiasaan kami. Sekarang kami memiliki pohon belimbing yang sangat manis, pohon mangga, jambu biji dan juga beberapa pohon yang berguna untuk masak seperti cabai dan kemangi. Tidak lupa tanaman yang bisa berguna seperti lidah buaya.

Kalau anda memakan buah dari kebun anda sendiri, maka rasanya sungguh beda. Pertama karena memang murah (hanya modal pupuk dan air). Kedua, kita tahu kualitas dan kebersihannya dibandingkan buah-buahan yang kita beli dan menggunakan pestisida. Ketiga, kita merasa berhasil dalam menumbuhkan tanaman kita hingga menghasilkan. Malah kadang buah yang dihasilkan melebihi kebutuhan kita. Belimbing kami sudah dimakan setiap hari pun masih tersisa untuk dibuat jus dan diberikan ke orang lain.

Banyak manfaat dan kegunaan dari menanam pohon buah. Selain itu, memang enak makan buah-buahan sendiri.

About these ads

Entry filed under: Lingkungan Rumah, Tanaman Bermanfaat. Tags: .

Matikan Mesin Mobil. Jangan Biarkan Mesin Menganggur. Jangan biarkan kran menyala sewaktu menggosok gigi.

16 Komentar Add your own

  • 1. boedi p.  |  28 September, 2007 pukul 14:37

    Saya ingin mencari Biji Pepaya Super.

    Apakah disini saya bisa mendapatkan informasinya?

    Terima kasih atas bantuannya

  • 2. Tika Wulandari  |  5 Oktober, 2007 pukul 13:04

    saya juga ingin sekali menanam seperti pohon buah2an kebetulan saya punya rumah dengan sisa tanah yang ingin saya tanam, kalau saya baca asyik banget hasil yang kita dapat nantinya, saya mau tanya berarti menanamnya anda dari biji ya? kalau tanamannya dan buahnya ok bisa pesan untuk dicangkok dan di bisniskan? thanks

  • 3. dodolipet  |  5 Oktober, 2007 pukul 13:45

    Tika, kalau kamu mau menanam buah-buahan tidak harus dari biji. Malah kalau dari biji agak sulit karena kita perlu tahu bibit yang bagus. Lebih baik ke nursery yang menjual bibit tanaman buah atau tempat seperti Mekarsari, tapi bukan benih bijinya. Jadi seperti pohon buah kecil yang memakai plastik. Dari sini kamu bisa pindahkan ke pot yang lebih besar atau di tanah. Dengan begini akan lebih mudah karena bibit sudah memiliki akar jadi lebih kuat dan kita bisa memilih jenis yang baik. Pasti bisa dan asik kalau sudah panen!

  • 4. heru123  |  13 Desember, 2007 pukul 00:57

    mas tinggal dimana sih?
    kok bisa punya banyak pohon begitu?

    salahsatu alasan orang tidak mau menanam pohon buah adalah takut adanya lemparan batu dari anak-anak. alasan lain, akan banyak kotoran dari kalong atau burung.

  • 5. Bagus SP  |  5 Februari, 2008 pukul 08:56

    Ada yang punya bibit / biji buah naga gratis kagak ya….
    Terus terang lagi “broken money” nih….

  • 6. isak sopandi  |  22 April, 2008 pukul 12:04

    saya juga jadi tertarik dengan tambulapot ada yang mau kasih bocorannya tuh cara cara awal mulanya menjadi tambulapot jenis buah-buahan

  • 7. eny.suhartini  |  8 September, 2008 pukul 10:43

    Saya kepengin banget punya pohon duren tabulapot tapi yang sudah berbuah ,ada gak ya , dan dimana saya bisa membelinya.
    Terimakasih

  • 8. MADE SENTRA  |  8 Oktober, 2008 pukul 10:52

    saya juga pencinta pohon buah-buahan ,yang saya punya pohon jambu biji,belimbing,sawo bangkok dan srikaya semua nya ada pada pot dan buahnya lumayan,dan sering diminta tetangga kalau sedang berbuah ada yang ingin saya tanya kepada pencinta pohon buah-buahan,dimana saya bisa mendapatkan pohon mangga lagi yang sudah berbuah lengkap dengan potnya,berapa budgetnya.tolong dong kirim info nya ke saya,
    thank,s

  • 9. faqih  |  7 November, 2008 pukul 17:37

    saya orang awam yg tertarik dg tabulampot, mohon info lebih lanjut tentang segala yg berhubungan dg tambulampot. kalau ada buku atau situs yang bagus tentang tabulampot mohon infonya. terimakasih

  • 10. Apipudin Fadly  |  28 Januari, 2009 pukul 16:26

    Saya juga kepengin banget punya pohon duren tabulapot tapi yang sudah berbuah ,ada gak dan harganya berapa ya , dan dimana saya bisa membelinya

  • 11. zulkarnaini  |  9 Juni, 2009 pukul 16:37

    assalamu’alaikum wr.wb.
    saya jadi tertarik setelah baca artikelnya?dimana saya bisa dapatkan bibitnya?kebetulan tanggal 24juni2009 saya ke bandung.di bandung ada yang jual ngak?mohon bantuannya dan menghubungi saya lewat email atau HP:085668959367

  • 12. vr  |  30 Juni, 2009 pukul 10:46

    thn dpn sy berencana pindah ke desa, kebetulan sy punya tanah yg cukup luas, sy ingin punya bbrp pohon langka, spt manggis, nam-nam, gaharu dll. dimana sy bs memperoleh ya? trims bantuannya

  • 13. Tony  |  30 Juni, 2009 pukul 14:34

    Saya tertarik ingin belajar menanam buah2an di rumah…kecil2an saja seperti di pot dsb…saya ingin menjadikannya sebagai hobi saja…Kira2 apakah ada saran untuk saya bagaimana dan dari mana saya memulai hobi baru saya ini? Terima Kasih…

  • 14. johan  |  8 Maret, 2010 pukul 12:39

    saya juga pengen beli bibit unggul duren muthong yang sudah berbuah untuk di tanam di rumah kalau ada yang bisa kasih info
    ke 08158093700 aja

  • 15. biji tanaman hias  |  22 Juli, 2010 pukul 13:10

    ada yg tau bli bibt buah gandaria gk ?

  • 16. januar  |  8 Desember, 2011 pukul 22:41

    made sentra saya penjual tanaman buah tambulan pot,,mangga apa yg ada butuhkan silakan hubungin saya 085717504458..saya januar…kebun saya di jakarta selatan.deket ragunan pasar minggu,,semua jenis pohon ada di sinh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 1,729,834 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: