Hasil Dari Sampah-Sampah kita Di Kepulauan Seribu

30 Mei, 2007 at 10:53 4 komentar

Kepulauan Seribu

Koran Kompas hari Selasa tgl 29 Mei 2007 memberitakan tentang “Sampah Kian Tak Terkendali” di Kepulauan Seribu. Bupati Kepulauan Seribu Bapak Djoko Ramadhan mengatakan bahwa sampah tersebut sudah melewati Pulau Pramuka yang biasa ditempuh dalam waktu 1.5 jam atau 45 km dari Pantai Marina, Ancol. Hal ini sebenarnya sudah diberitakan oleh Bupati sebelumnya yaitu Bapak Abdul Kadir yang sangat mengkhawatirkan keadaan daerahnya. Padahal Kepulauan Seribu adalah rumah bagi Kawasan Taman Nasional Laut dengan luas 108.000 ha. Bagaimana kita mau menikmati dan berekreasi di sama kalau yang dilihat cuma sampah?

Menurut data dari beritabumi.or.id Rata-rata setiap orang di Jakarta menghasilkan 3 liter sampah setiap harinya dan 90% dari sampah tersebut dibuang ke 13 sungai yang ada di Jakarta. Time Asia bulan Oktober 2006 mengatakan sekitar 1200 meter kubik sampah Jakarta dibuang ke laut atau setara dengan 288 ton sampah Setiap Hari! Bagimana kalau setelah satu tahun? Sampah sudah akan mencapai 105,120 ton! Kalau hanya sebagian saja yang dijaring dan dibersihkan, berapa banyak yang sisa setiap tahunnya dan menggunung terus menerus.

Lebih dari 75% dari penduduk Kepulauan Seribu tergantung pada sektor perikanan dan kelautan sehingga mereka pun bergantung pada laut yang bersih untuk mendapatkan hasil yang baik juga.

Akibat Sampah

Pak Djoko Ramadhan mengatakan bahwa harus ada lintas sektoral untuk membersihkan kali misalnya dengan memasang jaring di setiap kecamatan dan kelurahan yang dilewati sungai dan bertanggung jawab untuk daerahnya. Hal ini sangat baik dan sangat perlu dilakukan dengan segera. Setiap Lurah dan Camat pun harus merasa peduli, dan bukan membiarkan sampah melewati daerahnya saja, dan juga melihat impact yang jauh lebih besar ke depannya.

Selain itu juga kita harus terus mensosialisasikan kampanye “Jangan Buang Sampah” ke seluruh masyarakat. Memang kalau sosialisasi saja tidak akan digubris. Pemerintah harus mulai menetapkan sangsi yang berat juga. Memang hal ini bukan hanya untuk masyarakat Jakarta saja. Penduduk Kepulauan Seribu pun harus bisa memberi contoh, tidak dengan membuang sampah, air besar dan lainnya ke laut. Kalau mereka sendiri tidak peduli bagaimana dengan orang lain?

Lebih dari itu, rumah kumuh dan illegal di bantaran sungai HARUS dibasmi. Bukan saja mereka mengotori sungai, tapi juga mengambil jalur hijau yang seharusnya dapat menghijaukan dan mengurangi polusi kita. Saya bukannya sadis dan hanya mau mengusir, tetapi kita juga harus bisa tegas karena kalau tidak kita yang rugi sendiri. Di negara lain pun seperti itu dimana pemerintah tegas dalam mempertahankan tanah milik negara dan mengusir siapa pun yang tinggal didalamnya.

Memang sampah merupakah problem yang banyak orang tidak memperdulikan, tetapi sekalinya menjadi problem dan memberi impact langsung kepada mereka, baru mau action. Ingat problem sampah di Bandung? sampai seluruh kota menjadi bau sampah. Kalau sudah begitu baru bingung…

About these ads

Entry filed under: Berita Lingkungan, Berita Lingkungan Lokal. Tags: .

Beberapa Solusi Sampah Plastik Kita Hari Lingkungan

4 Komentar Add your own

  • 1. salomon  |  19 Oktober, 2007 pukul 14:26

    Setuju!

  • 2. fusuy  |  28 November, 2007 pukul 19:15

    wah ene setuju bener nih biar kali kite bersih
    mulai dari diri sendiri dulu deh

  • 3. andhika  |  28 Juli, 2008 pukul 01:37

    bener gw setuju bngt tuch…… supaya rmh gw kgk banjir lg……………

  • 4. ezra  |  6 Desember, 2009 pukul 07:47

    Bener, kita harus benahi dari sekarang……..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 1,730,366 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: