Daripada Beli CD, Download Saja Melalui Internet, Asalkan Sah.

11 Juli, 2007 at 20:39 4 komentar

Musik Digital

Teknologi yang semakin canggih bisa selalu membantu kita memerangi masalah lingkungan seperti contohnya ATM dan Online Banking yang dapat mengurangi mulai dari pemakaian kertas sampai kebutuhan transport ke bank itu sendiri.

Hal ini juga yang sudah terjadi di industri musik sejak beberapa tahun terakhir. Dimulai dari adanya perkembangan kompresi audio MP3 dan perangkat pendukung seperti Napster sehingga memudahkan orang untuk dapat mencari dan mendownload sendiri lagu yang mereka inginkan, walaupun hal ini illegal. Praktek download illegal sampai kapan pun tidak akan punah karena sifat manusia itu kalau bisa gratis kenapa harus bayar.

Industri musik pun terus memutar otak karena pada kenyataannya penjualan mereka pun turun seiring dengan makmurnya download musik illegal. Padahal penggunaan CD itu tidak ramah lingkungan. Mulai dari pembuatan CD itu sendiri yang memerlukan banyak bahan mineral, casing dari plastik, mesin pengkopi yang besar, serta jalur transportasi dan distribusi yang dibutuhkan dan tidak lupa juga toko yang menjual CD tersebut. Pada akhirnya, seluruh rantai tersebut membutuhkan energi yang tidak sedikit hanya agar CD tersebut dapat dibeli dan didengarkan oleh pembeli.

Tujuannya adalah agar pelanggan mau membeli dan mendengarkan musik terbaru dari penerbit musik

Kalau memang itu tujuannya, sebenarnya mendownload melalui internet pun asalkan legal juga baik karena malah memudahkan pelanggan sehingga tidak usah beranjak dari kursinya dan bisa mulai membeli. Strategi itulah yang akhirnya diambil oleh Apple dalam merilis toko musik di dunia maya, iTunes. iTunes merupakan sukses besar yang tidak disangka oleh banyak orang dimana semua orang bisa membeli lagu seharga US$ 0.99. Sampai akhir 2006 orang sudah membeli sebanyak 2 milyar lagu dari iTunes. Begitu suksesnya hingga banyak orang pun ikut terjun ke dunia ini.

Setelah sukses Napster, sekarang giliran sistem kompresi dan download termutakhir yang sedang naik daun, yaitu BitTorrent, dimana file bisa didownload secara terpecah dari komputer yang berbeda-beda sehingga mempercepat akselerasi download. Inilah raja download illegal yang teranyar.

Tetapi, Indonesia pun tetapi tidak ketinggalan dengan toko musik dunia mayanya. Equinox DMD adalah supplier lagu-lagu Indonesia yang sekarang dapat langsung dibeli dan didownload dari iTunes. Lain halnya dengan Digital Beat Store yang toko yang menjual musik dalam bentuk digital yang dapat langsung didownload di toko tersebut.

Pada akhirnya, memang sih membeli CD juga tidak bisa mati begitu saja karena musik-musik yang dapat dengan mudah di download dan di beli kebanyakan adalah musik pop, dimana untuk musik Jazz dan Classic kita masih bergantung pada CD yang juga memiliki kualitas suara lebih tinggi. Akan tetapi, untuk musik-musik yang umum, alangkah baiknya jika kita bisa memulai menghentikan pembelian CD dan hanya mendownload yang kita mau saja.

Hal lain pun seperti lirik dan Chord musik bisa kita dapatkan gratis di www.tembang.com yang memuat hampir segala musik Indonesia dari berbagai generasi. Jadi ngapain juga membeli majalah atau buku yang hanya memuat Chord dan lirik.

Jadi, sebanyak mungkin pakailah Internet untuk kebutuhan anda, daripada harus membeli CD atau buku musik. Mudah, Cepat, Aman dan Ramah Lingkungan. Kurang apa lagi?

About these ads

Entry filed under: Manifesto Hijau, TeknoHijau. Tags: .

Bekas Tambang di Cina Jadi Hotel Bergaya Futuristik Kalau Belum Terlalu Kotor Baju Tidak Usah Dicuci Dahulu

4 Komentar Add your own

  • 1. environmentalist  |  12 Juli, 2007 pukul 12:31

    Salam kenal.
    Akur banget. Cuma perkara donlot lagu di tempat kita masih rada terkendala urusan bandwidth…
    Ada alternatif laen, denger radio online ato soundpedia. :)

  • 2. dodolipet  |  12 Juli, 2007 pukul 21:01

    Betul. dengerin radio online juga bagus untuk lingkungan karena kalau kita mendengarkan radio sembari kerja di komputer, kita tidak usah menggunakan radio tape jadi bisa lebih hemat energi.

  • [...] selalu gratis dan harus didownload dahulu. Secara lingkungan, saya pernah menulis mengenai “Daripada Beli CD, Download Saja Melalui Internet, Asalkan Sah.” untuk mendownload lagu karena secara lingkungan akan lebih baik oleh karena jalur rantai [...]

  • [...] berkas hasil download, atau kemudian membuangnya. Makanya, meskipun tidak sejalan dengan “Daripada Beli CD, Download Saja Melalui Internet, Asalkan Sah.” toh tersedia jasa download dan nyimpan ke keping seperti yang ditawarkan oleh [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 1,672,883 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 312 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: