Teknologi Energi Terbarukan untuk Kapal Laut

8 Maret, 2008 at 20:01 16 komentar

Kapal HijauIndonesia adalah negara kepulauan dengan lautan yang sangat luas, pesisir pantai terpanjang di dunia dan juga memiliki sungai-sungai besar yang merambah jauh ke dalam hutan. Oleh karena itu, transportasi sungai dan laut sangat penting bagi Indonesia. Tetapi kapal-kapal yang ada saat ini semua digerakkan oleh energi minyak. Saya pernah menulis satu artikel mengenai kapal yang berhasil melintasi Samudera Atlantik hanya dengan energi matahari. Tetapi ternyata teknologi untuk energi alternatif dan terbarukan untuk dunia perkapalan sudah semakin baik, bukan hanya teori dan sudah mulai diimplementasikan. Beberapa sudah terbukti, beberapa masih berupa konsep yang walau sudah dibuktikan tetapi masih dalam lingkup yang kecil dan bukan untuk komersil.

Teknologi pertama yang sudah dipakai secara komersil adalah SkySail. SkySail memiliki produk seperti layangan/parasut yang menggunakan tenaga angin untuk membantu menarik kapal maju. Disebutkan bahwa SkySail bisa menambah tenaga kapal hingga 5000 kW atau setara dengan 6000 HP. Dengan tambahan tenaga ini, maka kapal bisa menghemat 10-35% bahan bakar minyak kapal dan bila angin dalam keadaan optimal bisa menghemat hingga 50% penggunaan bahan bakar minyak. Ini sungguh mengagumkan dan sudah diimplementasikan di kapal kargo MS Beluga di Jerman yang diluncurkan pada tanggal 18 Januari 2008.

skysail

Kapal cepat dengan bahan bakar Biodiesel yang sedang diuji coba adalah EarthRace yang diprakarsai oleh Pete Bethune. Kapal EarthRace dapat bergerak dengan kecepatan maksimum 40 knot (75km/jam). EarthRace sedang dalam tur keliling dunia untuk menggalang dana dan juga memberi edukasi kepada negara-negara di seluruh dunia mengenai Biodiesel. Di website EarthRace, anda juga bisa melihat map dimana dia pada saat ini.

earthrace

Teknologi lainnya yang sedang diuji coba adalah kapal dengan tenaga ombak yang bernama Suntory Mermaid dan dalam upaya untuk berlayar dari Hawaii menuju Jepang hanya dengan menggunakan tenaga ombak. Panel surya yang anda lihat di atas kapal hanya untuk peralatan elektronik saja. Cara kerjanya? Arus ombak yang ada di bawah kapal akan mengena sirip-sirip yang ada di bawah kapal dan akan bergerak naik turun. Nah.. dari pergerakan naik turun ini akan diubah menjadi energi dan dalam prakteknya kapal dapat bergerak hingga kecepatan 5 knot.

kapal tenaga ombak

Dari semua teknologi ini, tentu semuanya memiliki keuntungan dan kelemahan sendiri-sendiri. Untuk saat ini tenaga arus ombak masih sangat pelan, tenaga surya sudah sangat cocok untuk menjadi sumber energi untuk peralatan elektronik dan angin pun bisa menolong kapal mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Semua energi alternatif ini akan terus berkembang semakin kemampuannya pun semakin baik dan efisien.

Mudah-mudahan semua teknologi ini juga semakin terjangkau untuk komersil terutama untuk pemakaian di Indonesia sehingga bukan saja bisa mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar minyak, tetapi dengan energi alternatif yang terbarukan maka lingkungan pun akan semakin baik, resiko pencemaran minyak dan polusi pun berkurang.

Kita tunggu saja tanggal mainnya.

About these ads

Entry filed under: TeknoHijau. Tags: .

Ancol. Tetap mengesankan apalagi untuk bersepeda atau lari santai. Pabrik Kantong Plastik Kresek Terbesar di China Di Tutup!

16 Komentar Add your own

  • 1. aRuL  |  10 Maret, 2008 pukul 00:19

    wah teknologi yang ramah lingkungan tapi tidak ramah dikantong kayaknya :D

  • 2. dmz  |  13 Maret, 2008 pukul 13:32

    saya sedang ada penelitian tentang energi alternatif… untuk memenuhu tugas akhir saya.
    mau menanyakan tentang wave power? baik tentang rumus/ mekanisme yang ada dan manfaatnya maupun buku referensi.
    tau tentang salter duck? tolong saya penen tau lebih jauh lagi.

  • 3. Mardies  |  13 Maret, 2008 pukul 14:23

    Wah benar juga. Angin laut adalah energi dahsyat yang jarang dimanfaatkan.

  • 4. abimanyu  |  20 Maret, 2008 pukul 06:29

    wooww.. keren bgt tu yang pake tenaga ombak.. inovatif!! cerdas.. jenius!! saluut buat yang menemukan, merancang, dan yang mengembangkan dia.. keyen2!! bisa gratis ni bahan bakarnya.. g menghasilkan emisi lagi..
    klo pake parasut mah sama kek kapal layar donk.. kakek moyang kita dah menemukannya berabad2 yang lalu.. berarti tehnologi jaduL!!!
    trus klo biodiesel.. weew.. berapa banyak hutan yang ditebang, berapa banyak tanah pertanian yang dialihkan untuk menanam pohon penghasil biodiesel klo biodiesel makin laris ya?? padahal dunia lagi krisis pangan tu..

  • [...] Teknologi Energi Terbarukan untuk Kapal Laut Maret 8, 2008 Diarsipkan di bawah: Berita, berita Umum — mybekti @ 6:25 am Teknologi Energi Terbarukan untuk Kapal Laut [...]

  • 6. hendrik  |  24 Agustus, 2008 pukul 21:35

    gue……….punya usul ni, gimana kapal laut nya bahan bakarnya dari air yang ada di laut, kan air ada mineralnya. ituloh ada rasa asinya ya gak? cobain ciptain dong kalau bisa.

  • 7. hendrik  |  24 Agustus, 2008 pukul 21:38

    asik juga tuh, aku ikut terinprasi juga nih………

  • 8. andreas andryanto  |  6 September, 2008 pukul 01:16

    ada yang punya data besarnya gaya (F) ombak laut gak? tahnx

  • 9. i.Wardjono  |  19 September, 2008 pukul 15:30

    sekilas saya pernah melihat brosur ” full magnetic wind turbine”, mestinya bisa dikembangkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar di kapal. Ada yang bisa membiayai riset ini?

  • 10. ismunandar  |  24 Februari, 2009 pukul 13:12

    AssWrWb,
    Salam kenal semoga perkenalan ini dkk sekalian diberkahi Allah SWT, amin. Saya senang membaca artikelnya.
    Mohon di share ke email saya kalo ada file-2 terkait dengan teknologi dan energi untuk kapal laut, saya bergerak di bidang permesinan perikanan (staf pengajar di APB Bitung).
    Makasih banyak sebelumnya.
    Wassalam,
    Ismunandar, S.ST.Pi

  • 11. fahmi halim  |  4 Maret, 2009 pukul 19:25

    ass wr. wb.
    pa ada catatan perkembangan teknologi kapal laut dari zaman dulu sampai sekarang ga? kalau da tolong kirimin ke email saya. soalnya saya butuh banget bwt tugas. kalau bisa hari kamis saya tunggu. makasih sebelumnya

  • 12. buggy H soedaedjo  |  4 Mei, 2009 pukul 13:21

    adakah galangan yg bisa produksi utk kapal patroli

  • 13. Teknologi Energi « ZULKIFLI  |  19 Juni, 2009 pukul 13:55

    [...] Teknologi Energi Terbarukan untuk Kapal Laut [...]

  • 14. sarastiono  |  10 April, 2011 pukul 21:33

    Perkiraan biaya gimana bisa disertakan?

  • 15. musya  |  22 September, 2011 pukul 11:51

    saya suka perkembangan teknologi kapal sekarang…..itu ya kta inginkan …….demi kelancaran transportasi di dunia…….

  • 16. Aldi  |  3 September, 2012 pukul 08:45

    kak mau tanya ??? klo peralatan teknologi jaman sekarang apa ya ??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 1,763,482 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 313 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: