Agenda: Night Ride Journey At The Museum

14 Mei, 2009 at 11:07 Tinggalkan komentar

Hari/Tanggal: Friday, May 15, 2009
Jam: 6:30pm – 9:30pm
Lokasi: Museum Bank Mandiri – Kota

Komunitas Onthel Batavia mengundang Bike2Work Indonesia dalam gelaran “Night Ride Journey At The Museum”.

Selama satu malam undangan akan diajak memasuki suasana yang serba Tempoe Doeloe, unik dan sarat edukasi. Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan berkumpulnya para undangan yang seluruhnya mengendarai sepeda di Museum Gedung Joang 45 Jl. Menteng Raya pkl. 17.00-18.30 yang kemudian dilanjutkan berkonvoi bersama menuju Museum Bank Mandiri melewati Stasiun Gambir – Medan Merdeka utara – Jl. Harmoni – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Gajahmada – Kota sambil mengkampanyekan gerakan bersepeda.

Setibanya di tempat acara yang difokuskan pada sebuah bangunan Nederlansche Handel Maatshappij (NHM) yang sekarang dikenal dengan Museum Bank Mandiri, dari pintu gerbang Museum peserta akan dibawa ke suasana Tempoe Doeloe. Seperti membalikkan putaran zaman, peserta akan disambut oleh para Pedjoeang Pengawal Presiden beserta replika dari Presiden Pertama Soekarno dan wakilnya, Bung Hatta, lengkap dengan kostum dan segala kemiripannya.

Setelah sejenak beristirahat untuk menikmati minuman Teh Tubruk, Kopi Hitam dan Bir Pletok, plus jagoeng dan katjang reboes jang nikmat poenja, bersama Sang Presiden undangan akan diajak memasuki Ruang Theater Museum Bank Mandiri untuk bersama-sama Menikmati sajian Film Batavia 1931, sebuah film buatan Belanda hitam putih tanpa dialog yang menggambarkan suasana Batavia dan kota-kota di indonesia pada tahun 1930-an lengkap dengan suasana transportasi Trem, kuda delman, sepeda yang hilir mudik, mobil kuno, suasana tertib dan bersihnya Batavia masa lampau.

Dari Ruang Theater, para peserta diajak berkeliling melihat dan mengamati desain interior, koleksi barang2, serta suasana dalam museum. Bila memungkinkan akan diajak ke puncak menara NHM di atas gedung Museum untuk berfoto bersama dengan background temaram malam kawasan kota tua.

Sebagai pelepas lelah setelah berkeliling museum saatnya peserta akan dibawa ke ruangan Aula Museum untuk menikmati makan malam sambil mengikuti rangkaian acara sarasehan sesama pecinta sepeda yang dikemas sebagai ajang ramah tamah antar komunitas pesepeda.

Dalam acara ini akan diselingi pula aksi spontan penggalangan dana untuk Bapak Tarmudji (koordinator Ojek Sepeda di Kota Tua Jakarta) yang juga ujung tombak dari UPT Kota Tua, Komunitas Historia Indonesia dalam mengkampanyekan gerakan “I Love Museum”, yang sedang terkena musibah, karena salah seorang anaknya, Abiba Nurfadillah dirawat kritis terkena penyakit komplikasi. Bp. Tarmudji adalah penggerak komunitas ojek sepeda di kota tua yang juga hidup sangat sederhana karena hanya berpenghasilan sekitar Rp.20.000,- perhari dalam mengojek sepeda.

Sebagai penutup rangkaian acara, para peserta akan mengadakan doa bersama untuk kemaslahatan bangsa
. ………………………………………………
Acara ini merupakan kerjasama Komunitas Onthel Batavia & Bike 2 Work Indonesia.

Bersepeda adalah salah satu alternatif moda perjalanan yang paling mungkin untuk menghemat energi di sebuah kota. Bersepeda sudah tentu merupakan moda transportasi yang tidak bermotor (non-motorized transportation atau NMT) sehingga tidak membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) sama sekali, dan karenanya juga tidak menghasilkan polusi bagi udara (ramah lingkungan). Lebih dari itu, bersepeda dapat dilakukan oleh siapa saja dari semua golongan baik kaya atau miskin, tua atau muda. Jika makin banyak pengguna sepeda, akan sangat mungkin mengurangi masalah kemacetan di kota yang selama ini seperti sulit terpecahkan. Tak salah jika sepeda juga disebut-sebut termasuk sebagai alat transportasi yang paling berkelanjutan (sustainable transportation) .

“Apapun Sepedanya, gunakan untuk beraktivitas”
__________________________
Humas & Publikasi
Komunitas B2W Indonesia

Let’s act beyond green by riding our bicycle to work

(Dari undangan B2W Facebook Group)

Iklan

Entry filed under: Agenda Hijau.

Belajar Menjadi Peneliti Ikan Hiu Agenda: Djakarta Bersepeda 482 Tahoen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,238,239 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: