2011, DKI Ditargetkan Bebas Kantong Plastik

15 Maret, 2010 at 10:02 3 komentar

Disadur dari: beritajakarta.com

Untuk mendukung kesehatan warganya dan menjaga kondisi lingkungan hidup, tahun 2011 mendatang DKI Jakarta ditargetkan bebas dari penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai target itu, Pemprov DKI Jakarta dan Kamar Dagang Industri (Kadin) Jaya akan melakukan kesepakatan bersama dengan para pengusaha di Jakarta untuk mengurangi pemakaian kantong plastik. Penandatanganan kesepakatan bersama akan dilakukan dalam rapat pimpinan provinsi (Rapimprov)-Kadin Jaya, 11 Februari mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan dengan penandatanganan kesepakatan tersebut, ditargetkan DKI Jakarta akan bebas kantong plastik pada tahun 2011. Sebagai gantinya, Pemprov DKI Jakarta dan Kadin Jaya akan mencari bahan pengganti yang berasal dari bahan daur ulang atau bahan yang ramah lingkungan.

“Tahap awal kami akan menandatangani kesepakatan dengan asosiasi pengusaha ritel Indonesia atau Aprindo. Sementara ini yang sudah menyetujui Carrefour untuk menghapuskan kantong plastik dari kegiatan penjualannya,” ujar Fauzi Bowo usai bertemu pengurus Kadin Jaya di Balaikota DKI Jakarta, Senin (8/2).

Usai pertemuan, Bang Fauzi sapaan akrab Fauzi Bowo meminta agar rencana ini langsung disosialisasikan kepada warga dan pengusaha di Jakarta.

Ketua Kadin Jaya, Edi Kuntadi, mengatakan, usulan penghapusan penggunaan kantong plastik merupakan inisiatif Kadin Jaya. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam kesepakatan bersama dengan beberapa asosiasi yang memiliki kaitan langsung dengan penggunaan kantong plastik agar tidak lagi menggunakannya.

Dia juga mengungkapkan, hal tersebut dilakukan untuk mendukung kesehatan warga Jakarta, lantaran efek penggunaan kantong plastik dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu, kantong plastik juga tidak ramah lingkungan lantaran sulit diurai oleh tanah. “Perlu dicarikan jalan keluar, karena dari sisi harga penggunaan barang, plastik lebih murah dibandingkan dengan bahan daur ulang. Karenanya perlu dilakukan sosialisasi agar pengguna kantong plastik bisa beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan itu,” kata Edi.

Edi juga mengharapkan, seluruh pasar tradisional dapat menghentikan penggunaan kantong plastik dan mengajak warga Jakarta beralih dari penggunaan kantong plastik ke penggunaan tas belanja kain atau dari bahan non plastik yang cukup banyak diterapkan negara-negara maju lainnya.

Untuk tahap sosialisasi, sambung Edi, diperlukan waktu sekitar satu tahun, sambil mencari pengganti kantong plastik. Menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan karena rencana tersebut pasti akan menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat, terutama dari kalangan industri penghasil produk plastik serta pemilik pusat perbelanjaan yang keberatan karena akan mengeluarkan anggaran lebih besar untuk menyediakan pengganti kantong plastik.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, menuturkan, PD Pasar Jaya siap menerapkan program penghapusan kantong plastik untuk berbelanja di lingkungan pasar tradisional yang ada di Jakarta. Sebab, lanjutnya, PD Pasar Jaya telah melakukan nota kesepahaman mengenai pasar berwawasan lingkungan di seluruh pasar tradisional. “Kami akan lakukan sosialisasi ke pedagang. Tapi yang paling penting yaitu bagaimana kita dapat memberikan alternatif pengganti kantong plastik. Jangan hanya melarang saja,” tandas Djangga yang yakin program penggantian kantong plastik ke bahan yang ramah lingkungan dapat diterapkan di pasar tradisional.

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Lokal.

Earth Hour 2010 Beni dan Mice ke Pameran Lingkungan

3 Komentar Add your own

  • 1. deni  |  19 Maret, 2010 pukul 09:15

    langkah yang bagus, mudah-mudahan bisa d tiru kota2 lain d indonesia,

  • 2. KuMan AIDS  |  15 April, 2010 pukul 15:25

    Mudah-mudahan target bebas kantong plastik di tahun 2011 tercapai. Jakarta sudah, kota-kota lain harus mengikuti. Ayo kita dukung program ini.

  • 3. Anonimoux  |  21 Mei, 2010 pukul 12:15

    Alah.. Paling cuma skdar rncana. Susah la gan,klo buat tahun yg mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,260,463 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 337 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: