Cinta Produk Indonesia

6 Februari, 2014 at 12:48 4 komentar

gerakan-cinta-produk-indonesia Mencintai produk asli buatan Indonesia itu adalah satu hal yang sangat penting, baik untuk lingkungan dan juga secara ekonomi negara. Secara lingkungan, import barang berarti menggunakan energi yang lebih banyak karena perlunya transportasi lebih untuk pengirimannya, apalagi bila bahan bakunya mungkin berasal dari Indonesia, di proses di luar negeri, lalu di impor kembali oleh Indonesia. Begitu banyak barang-barang yang seperti ini karena kita adalah negara penghasil bahan baku mentah baik komoditi tambang yang digunakan untuk barang elektronik dan mesin, serta komoditi pertanian yang digunakan oleh banyak makanan seperti coklat dan snack, hingga turunan CPO seperti sabun, deterjen dan kosmetik. Tentunya kita sudah dengar dan mungkin merasakan sendiri akibat dari kurs rupiah yang melemah akibat defisit perdagangan kita. Semakin banyak kita impor, maka semakin tinggi juga defisit negara kita, walaupun begitu banyak juga barang-barang kita yang membutuhkan bahan baku impor. Akan tetapi, tetap lebih baik kita impor bahan baku saja, daripada bahan jadi dengan nilai transaksi yang lebih tinggi. Akan lebih ideal lagi kalau akhirnya barang produk Indonesia ini bisa di expor ke negara lain. Mudah-mudahan, dengan adanya rencana perdagangan bebas ASEAN di 2015, kita tidak lalu tergiur untuk terus mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri. Kita harus memiliki rasa nasionalisme juga agar negara kita pun tidak hancur hanya menjadi negara distribusi, tetapi menjadi negara produsen dan manufaktur. Ayo kita sukseskan Gerakan 100% Cinta Produk Indonesia.

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Lokal.

NEW – Tambahan website download buku gratis PROPER 2012-2013

4 Komentar Add your own

  • 1. gunawan  |  11 Maret, 2014 pukul 08:37

    Kalau memang bahan baku dari Kita, kemudian karena kita belum bisa memprosesnya atau kurang sempurna memprosesnya sehingga prosesnya dilakukan diluar negeri, kemudian setelah jadi kita beli kembali..lebih baik kita investasi mesin atau alat yang dipakai, kirim orang untuk belajar sistemnya, akhirnya kita bisa kerjakan sendiri..

  • 2. Astri Widiastuti  |  19 Maret, 2014 pukul 08:40

    hal yang paling utama orang Indonesia memilih produk luar negeri adalah karena barangnya biasanya lebih murah di bandingkan dengan membeli barang dari hasil buatan dalam negeri.

  • 3. Rina Rohma Febriana  |  22 April, 2014 pukul 09:38

    sangat setuju dengan artikel diatas , kita harus bangga dengan produk kita sendiri oke 😉

  • 4. Rizki Setya Febriana  |  8 Oktober, 2014 pukul 08:49

    Saya setuju,kita orang indonesia harus mencintai produk dalam negeri produk yang dibuat oleh negara kita sendiri . . . .kita harus bangga terhadap produk Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,276,955 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: