Kemeja Lengan Pendek Untuk Kerja

24 Januari, 2007 at 04:26 5 komentar


Kita sudah cukup terbiasa melihat orang-orang pekerja kantor di Jakarta memakai kemeja lengan panjang, memakai dasi dan kadang-kadang pakai jas juga. Lebih gila lagi, di perkantoran mewah di kawasan sudirman dan thamrin, tak jarang kita lihat orang berkeliaran memakai sweater. Walah… sudah kayak di luar negeri sedang musim dingin saja. Alasannya, AC di perkantoran itu sentral, tidak bisa dirumah thermostatnya. Repot juga deh… Memang untuk untuk orang sales dan marketing, sulit untuk tidak memakai dasi dan jas karena tuntutan dari pelanggan dan image perusahaan. Tetapi untuk orang-orang yang memang hanya bekerja di kantor, sangat baik untuk memakai kemeja lengan pendek saja.

Dasi itu diciptakan di abad ke 19 sebagai gantinya syal untuk mengunci kerah dan baju sehingga di musim dingin bisa lebih hangat. Oleh sebab itu, penggunaan dasi di daerah tropik tidak berguna.

Sejak tahun 2005, pemerintah Jepang membuat kampanye “Cool Biz” dimana seluruh gedung pemerintah dan pusat bisnis menyesuaikan temperatur AC menjadi 28 derajat celcius. Dengan demikian, karyawan di dalam gedung itupun tidak akan kuat memakai jas dan hanya bisa memakai lengan pendek saja. Hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan energi AC dalam rangka persetujuan lingkungan Kyoto. Menurut kantor berita di Jepang, selama tahun 2005, negara Jepang telah menghemat 460,000 ton emisi dari gas yang berpolusi.

Beberapa contoh lain:
1. Amerika. Di Amerika, orang sudah terbiasa dengan yang namanya casual friday dimana karyawan dapat memakai baju yang lebih santai seperti lengan pendek atau polo. Sekarang, banyak perusahaan menerapkannya setiap hari.

2. Bermuda. Para businessman disana memakai kemeja dan jas, tetapi memakai celana pendek!

AC seperti kita tahu sangat boros energi. Di Amerika, AC mengkonsumsi 43% dari seluruh energi yang ada di hari yang panas. Terlebih dari itu, AC juga memproduksi sulfur dioksida, yang dapat mengakibatkan hujan asam dan membunuh biota laut dan darat.

Oleh karena itu, pengurangan dari penggunaan AC akan sangat membantu pengurangan polusi dan menghemat energi.

Beberapa tips untuk memakai baju kantor:
– Tidak menggunakan dasi.
– Pakai kemeja lengan pendek: kemeja lengan pendek memberi ventilasi yang baik.
– Pakai baju dengan material ringan seperti linen, katun, atau sutera. tidak sintetik.
– Pakai baju dengan warna yang muda: warna muda akan lebih memantulkan radiasi matahari.
– Bawa sendal ke kantor dan kalau hanya duduk di meja, pakai sendal saja sehingga kaki tidak menjadi panas.

Iklan

Entry filed under: Lingkungan Kerja.

Tulisan pertama dan misi Cabut Charger Handphone Kalau Tidak Dipakai

5 Komentar Add your own

  • 1. heniez  |  5 September, 2007 pukul 12:39

    Gimana kalau artikel ini disampaikan kepada Agung Laksono?, saya sendiri jengah melihat para anggota Dewan ini memakai jas, kadang2 saya gak habis pikir, bagaimana mungkin Indonesia yang merupakan negara tropis, cenderung panas tapi cara berbusana meniru negara Eropa yg cenderung dingin.

    Disadari atau tidak, seseorang yang memakai jas, merasa dirinya paling gagah, punya kekuasaan dan cenderung memandang rendah orang.

    Selamat berkarya…..

  • 2. manti  |  3 Januari, 2008 pukul 13:59

    emnag seeh kalo gw pikir ada bener juga kata heniez.. kenapa coba gak dibuat rileks ja.. ketimbnag pake jas segala
    setuju…..???

  • 3. dodolipet  |  3 Januari, 2008 pukul 15:57

    Untuk manti dan heniez, betul mendingan jangan pake jas deh. masih mending pakai kemeja batik lengan pendek. lebih cinta kebudayaan sendiri, bergaya tropis sesuai dengan negaranya dan juga ikut mempromosikan Indonesia supaya batik jangan dibilang dari negara lain 🙂 dan yang pasti jadi hemat listrik dengan bisa menaikkan temperatur.

  • […] Pakaian pun bisa disarankan ke atasan. Yang tadinya harus memakai kemeja lengan panjang boleh memakai kemeja lengan pendekh. Baik kalau selagi di meja boleh membuka sepatu dan memakai sendal karena hal ini tidak mengganggu […]

  • 5. PERS-PEC-TEE'-VO  |  20 Desember, 2011 pukul 15:33

    […] Bahan bacaan: https://akuinginhijau.org/2007/01/24/kemeja-lengan-pendek-untuk-kerja/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,277,182 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: