Hotel Harus Daur Ulang Air

12 September, 2008 at 15:59 6 komentar

Disadur dari Kompas Kamis, 11 September 2008

Jakarta, Kompas – Setiap hotel dan apartemen yang baru diwajibkan membangun instalasi untuk mendaur ulang air bersih yang mereka gunakan. Daur ulang air dimaksudkan untuk mengurangi penyedotan air tanah dalam.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta Budirama Natakusuma, Rabu (10/9) di Jakarta Pusat, mengatakan, kewajiban membangun instalasi daur ulang air menjadi syarat izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Jika pengembang tidak berniat membangun instalasi daur ulang air, izin mendirikan bangunan hotel atau apartemen baru tidak akan dikeluarkan.

Kebijakan ini sudah diterapkan pada pertengahan 2008 dan beberapa pengembang sudah menaatinya. Secara bertahap, kata Budirama, aturan ini juga akan diterapkan bagi hotel dan apartemen yang sudah lama berdiri.

”Jika mampu membangun gedung , pengembang pasti mampu membangun instalasi daur ulang air yang harganya beberapa miliar saja,” kata Budirama.

Kewajiban mendaur ulang air, kata Budirama, juga disebabkan ketidakmampuan kedua operator PAM Jaya memenuhi seluruh kebutuhan air untuk usaha komersial. BPLHD juga mewajibkan pengelola hotel dan apartemen mendaur ulang sampah seperti diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Sampah di Jakarta mencapai 6.000 ton per hari dan dinilai terlalu banyak.

Sementara itu, untuk meningkatkan pasokan air bersih bagi pelanggan resmi, PAM Jaya dan PT Aetra Air Jakarta kembali merazia pencurian air melalui sambungan ilegal di daerah Warakas, Jakarta Utara. Razia itu berhasil membongkar pencurian air yang diperkirakan mencapai 100 liter per detik.

Manajer Humas PT Aetra Air Jakarta Devy A Yheanne mengatakan, modus pencurian itu dilakukan dengan menyambungkan dua pipa ke pipa utama PAM dan dialirkan ke empat tempat pencucian mobil di kolong jembatan Tol Warakas, Jalan Sungai Bambu, Jakarta Utara.

Sejak 2007, razia semacam ini telah menyelamatkan sedikitnya 2.519.001 meter kubik air bersih dengan memutus 820 sambungan air ilegal dan 5.387 konsumsi ilegal yang dilakukan oknum pelanggan Aetra sendiri.

Direktur Utama PAM Jaya Hariadi Priyohutomo mengatakan, operasi pemotongan sambungan liar yang berkesinambungan berhasil menurunkan tingkat kebocoran PT Aetra, dari 53 persen menjadi di bawah 50 persen dalam delapan bulan. (ECA)

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Lokal, Lingkungan Kerja.

Waduk Cirata. Pembawa berkah yang dipenuhi sampah. Atap Putih Untuk Dunia Hijau

6 Komentar Add your own

  • 1. JalanSutera.com™  |  12 September, 2008 pukul 17:27

    banyak pabrik yang langsung membuang limbahnya di musim hujan tanpa melalui pemrosesan. dengan cara ini biaya bisa ditekan. lagipula, banyak orang yang tidak bisa mendeteksi praktik ini karena air limbah langsung bercampur dengan air hujan. dan, siapa sih yang akan melakukan sidak di tengah hujan deras?

    semoga praktik curang seperti itu tidak terjadi di industi hotel.

  • 2. bluekaizen  |  14 September, 2008 pukul 11:06

    Air bersih merupakan kebutuhan vital bagi semua makhluk hidup. Sudah saatnya mulai saat ini kita menghemat penggunaan air dan melestarikan air tanah dengan berbagai macam cara misalnya biopori dan sumur resapan. Jangan sampai musim kemarau kekeringan dan musim hujan kebanjiran. Ironis sekali.

  • 3. mfajrinet  |  15 September, 2008 pukul 14:34

    Hanya satu kata tuh.. efesiensi.. kayak daging daur ulang tuh.. 😉

  • 4. ciput mardianto  |  16 September, 2008 pukul 23:50

    ya seharusnya nggak hanya dihotel saja

  • 5. kontraktor sumur hotel  |  24 November, 2008 pukul 12:05

    nice artikel…
    thanks banget atas infonya…
    sangat bermanfaat…

  • 6. Dian  |  15 Desember, 2009 pukul 15:36

    PT. Tirta Teknosys, Kami perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultan sekaligus kontraktor dalam bidang Air Bersih dan Limbah Cair (Water Treatment & Waste Water Treatment)

    Kami melayani project seluruh indonesia mulai dari
    1. Rumah,
    2. Hotel, Gedung,
    3. Pabrik,
    4. dan Rumah Sakit.

    Kami manyambut baik rekan- rekan Konsultan & kontraktor yang ingin bekerjasama.
    Jadi apabila anda mempunyai masalah maupun projek yang berhubungan dengan Air dan Limbah cair, anda dapat berkonsultasi dengan kami di nomor : 021-7266060
    ata via email : rio.tirtateknosys@gmail.com

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,261,397 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: