Hillary Clinton pun meninjau MCK penghasil biogas

20 Februari, 2009 at 13:54 9 komentar

Jauh-jauh Ibu Hillary Clinton ke Indonesia selain bertemu dengan Kepala Negara Indonesia, ternyata ia juga mampir ke daerah petojo untuk melihat hasil sumbangan USAID yaitu MCK yang juga menghasilkan biogas.

Biogas sebenarnya sudah dimulai juga di banyak daerah di Indonesia tetapi memang belum dimaksimalkan karena kalau kita melihat data dari Direktorat Pengembangan Energi dari artikel di Kompas tgl 20 Februari 2009, sampah organik di Jakarta saja bisa menghasilkan 50 MW.

Kalau di desa-desa sekarang sudah mulai ada biogas yang dibuat dari kotoran sapi yang dikumpulkan dimana gas yang dihasilkan dihubungkan ke tabung besar dan siap pakai untuk kompor. Hal ini sangat positif dan harus diteruskan di semua desa. Salah satunya adalah dengan agenda tanggung jawab sosial perusahaan. Untuk biogas kotoran sapi di beberapa desa di Cirata dilakukan oleh BPWC (Badan Pengelola Waduk Cirata) yang memiliki program-program untuk pedesaan sekitar Cirata.

Semoga, seperti yang ditulis di Kompas, kunjungan Ibu Hillary Clinton ini dapat memelekkan mata kita betapa besarnya sumber daya yang kita miliki tetapi selalu kita buang-buang percuma, sehingga mulai sekarang kita dapat memikirkan hal-hal positif untuk semua hal mulai dari sampah rumah tangga, sampah pasar, kotoran sapi/ayam hingga kotoran manusia yang dapat diolah menjadi energi, pupuk atau hal berguna lainnya.

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Lokal, Energi Alternatif, TeknoHijau. Tags: .

Akhir pekan: Nonton lalu Daur Ulang Baterai dan Tetrapak Quote

9 Komentar Add your own

  • […] Jauh-jauh Ibu Hillary Clinton ke Indonesia selain bertemu dengan Kepala Negara Indonesia, ternyata ia juga mampir ke daerah petojo untuk melihat hasil sumbangan USAID yaitu MCK yang juga menghasilkan biogas. …Continue Reading […]

  • 2. Wong  |  22 Februari, 2009 pukul 23:00

    Weleh, boleh juga tuh kalo kotoran manusia bisa dibuat energi. Gimana caranya yah. Ditempat gue banyak banget. Gak bakal kekurangan deh. Kalo ada yang perlu pasokan juga bisa tuh.

  • […] Jauh-jauh Ibu Hillary Clinton ke Indonesia selain bertemu dengan Kepala Negara Indonesia, ternyata ia juga mampir ke daerah petojo untuk melihat hasil sumbangan USAID yaitu MCK yang juga menghasilkan biogas. …Next Page […]

  • 4. Raffaell  |  24 Februari, 2009 pukul 11:35

    Wah, nanti AS bikin teknologi yang lebih keren lagi coba deh, hahahaha

  • 5. Rusa Bawean  |  24 Februari, 2009 pukul 17:39

    saya ikut mendukung aja dehhh

  • 6. kenyo  |  25 Februari, 2009 pukul 10:26

    wah bisa menghasilkan listrik ya, keren dong….

  • 7. Mbak maya  |  25 Februari, 2009 pukul 19:43

    It’s a nice blog. Salam kenal…

  • 8. Citra Indah  |  26 Februari, 2009 pukul 14:30

    tuh artinya dia pengen membuktikan apakah sumbangannya digunakan sebaik mungkin ataukah tidak.

    salam
    Citra Indah

  • 9. motorcycle parts  |  13 April, 2009 pukul 05:57

    Sampah saja bisa menghasilkan listrik sampai 50 MW..hebat. PLTA-PLTA kecil kita bahkan daya terpasangnya banyak yang kurang dari 10 MW lho..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,243,730 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: