Ray Anderson meninggal dunia

13 Agustus, 2011 at 20:53 Tinggalkan komentar

Hari ini saya baru saja melihat berita bahwa Ray Anderson meninggal dunia di umur 77 tahun pada tanggal 8 Agustus 2011 yang lalu.

Bagi yang belum tahu, Ray Anderson (July 28, 1934 – August 8, 2011) adalah pendiri dari Interface, salah satu produsen karpet terbesar di dunia yang berdiri sejak tahun 1973. Saya pun pertama kali mengetahui tentang Ray Anderson pada tahun 2009 yang lalu saat saya membeli buku Ray Anderson yang berjudul “Confessions of a Radical Industrialist: Profits, People, Purpose–Doing Business by Respecting the Earth”.

Ini adalah buku yang memiliki ide dasar sangat ekstrim dimana Ray Anderson, sebagai seorang industrialist, pemilik pabrik manufaktur karpet yang memiliki bahan dasar utama minyak bumi ingin membuat perusahaan tersebut berkesinambungan terhadap lingkungan dan memberi misi perusahaan untuk tidak memiliki dampak lingkungan sama sekali atau disebut sebagai Mission Zero, baik dalam hal energi, limbah, dan emisi yang dihasilkan.

Ray memulai misinya di tahun 1994 setelah membaca buku “The Ecology of Commerce” yang ditulis oleh Paul Hawken. Kebetulan buku ini pun saya dapatkan di Jakarta dan walaupun lebih teoritis menjadi dasar dari pemikiran Ray. Saat ini Interface sudah melewati lebih dari 50% dari target untuk Mission Zero, yang ditargetkan untuk menjadi kenyataan pada tahun 2020.

Tentu saja dunia akan kehilangan salah satu pendukung lingkungan yang adalah seorang panutan dimana dia benar-benar menjalankan misi hijau bukan hanya dalam dunia pribadi, tetapi dalam pekerjaan yang memiliki dampak lebih besar. Hal ini patut ditiru karena banyak orang lebih mengaitkan hal-hal hijau dengan kehidupan pribadi saja, tetapi karena bisnis adalah “bisnis” dimana perusahaan harus mendapatkan keuntungan, hal ini sering kali terabaikan.

Semoga akan ada semakin banyak Ray Anderson di dunia ini dan muncul Ray lainnya di Indonesia untuk lingkungan dan dunia yang lebih hijau.

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Global. Tags: , .

10 Langkah Praktis Menolak Plastik Ketahanan Pangan Terancam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,247,510 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: