Bijaksana Memilih dan Menggunakan Kulkas

8 Februari, 2007 at 11:43 Tinggalkan komentar

red refrigeratorKulkas sudah menjadi barang sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan. Hampir semua rumah memiliki kulkas, besar maupun kecil. Kita pun sudah tidak aneh melihat dan menggunakannya.

Yang tidak kita ketahui adalah, banyak hal kecil yang dapat dilakukan dalam memilih dan menggunakan kulkas agar dapat lebih efisien dimana tentunya akan menghemat energi dan kantong anda.

Beberapa tips adalah:

  1. Beli kulkas sesuai dengan kebutuhan rumah tangga anda. Kapasitas yang berlebih akan menguras energi lebih banyak
  2. Model kulkas dengan pendingin dan freezer yang bersebelahan menggunakan kira-kira 7-13% lebih banyak energi daripada kulkas dengan freezer diatas pendingin.
  3. Dalam meletakkan kulkas di ruangan, jangan taruh kulkas bersebelahan dengan barang-barang yang panas seperti oven, tungku, kompor, dll. Sinar matahari langsung juga akan mempengaruhi efisiensi dan penggunaan energi
  4. Berikan ruang yang cukup antara kulkas dan tembok dibelakangnya agar udara dapat bergerak bebas di sekitar koil kondensor kulkas anda. Bersihkan juga koil tersebut dengan penyedot debu atau sikat setiap 6 bulan sehingga oeprasional kulkas dapat menjadi lebih efisien hingga 30%.
  5. Lakukan pengecekan berkala untuk karet pintu kulkas anda. Lakukan tes sederhana dengan menjepit uang kertas di pintu kulkas anda. Bila anda dapat menarik uang kertas tersebut dengan mudah, maka anda harus memperbaiki, atau mengganti karet pintu kulkas anda
  6. Jangan taruh makanan yang masih panas langsung kedalam kulkas. Biarkan makanan sejuk dengan sendirinya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  7. Paling gampang: jangan sering buka tutup kulkas pada siang hari. Dengan sedikit perencanaan anda dapat keluarkan semua bahan yang diperlukan untuk memasak dengan sekali buka.
  8. Agar energi kulkas lebih efisien, kulkas anda harus cukup penuh. Akan tetapi, jangan terlalu penuh karena ini akan menghambat arus udara di dalam kulkas.
  9. Kalau dimungkinkan, tukarlah kulkas yang sudah berumur lebih dari 10 tahun karena model yang baru akan lebih efisien. Kulkas lama rata-rata menggunakan 1000-1700 watt, sedangkan kulkas baru menggunakan hanya kira-kira 700 watt.
  10. Bila kulkas anda memiliki tadahan air dibawahnya, jangan lupa dicek secara berkala minimal seminggu sekali karena air tersebut dapat menjadi sarang bertelur nyamuk.

Nah, anda ingin bisa menghemat juga kan?

Iklan

Entry filed under: Lingkungan Rumah.

Jakarta Kebanjiran! Lidah Buaya, Obat Luka Bakar Paling Mantap Sedunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,276,493 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: