Bekas Tambang di Cina Jadi Hotel Bergaya Futuristik

10 Juli, 2007 at 22:00 16 komentar

Hotel Bekas Tambang

(klik untuk memperbesar)

Bekas tambang di daerah Songjiang, Cina sedang direncanakan untuk membuat sebuah hotel bergaya futuristi. Bekas tambang tersebut memiliki kedalaman 100 meter dibawah tanah. Hotel Songjiang di-desain dengan memperhatikan segala aspek lingkungan. Mulai dari atapnya yang berupa taman atap (green roof) sehingga akan lebih dingin pada musim panas, dan lebih hangat pada musim dingin, sampai pada pemanfaatan tenaga panas bumi (geothermal) untuk keperluan listriknya.

Hotel ini juga selain memiliki restoran, cafe dan tempat olahraga juga akan mempunyai tempat umum dan kamar di bawah air. Bila kita lihat dari desainnya, maka air berperan sangat besar sehingga bisa dilihat pada gambar hotel tersebut terintegrasi dengan air terjun, tempat rekreasi air, dan juga aquarium bawah air. Selain itu sebagai hotel yang bisa dibilang cocok juga untuk para petualang, maka hotel tersebut akan ada fasilitas Bungy Jumping.

Secara lingkungan, mempergunakan bekas tambang merupakan satu nilai yang sangat positif, apalagi bisa dibuat hotel yang lalu mendatangkan rekreasi dan pariwisata di tempat tersebut sehingga daerah yang bekas tambang bisa hidup kembali. Selain itu, hotel tersebut juga memiliki aspek desain ramah lingkungan yang berdampak positif. Pemakaian taman atap dan pasokan listrik dari panas bumi juga menekan pengeluaran karbon secara global. Mungkin dengan adanya air disekitar hotel tersebut, mereka juga akan memiliki sistem filter atau desalinasi untuk greywater dan air minum mereka.

Keren…

Hotel bekas tambang waktu malam

(klik untuk memperbesar)

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan, Berita Lingkungan Global, TeknoHijau.

Pendidikan Lingkungan Harus Diterapkan Dari Sekolah Daripada Beli CD, Download Saja Melalui Internet, Asalkan Sah.

16 Komentar Add your own

  • 1. lee  |  14 Juli, 2007 pukul 11:42

    it’ a really really really amazing!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    speechless.. ide brilian.. moga aja tu bisa jadi anspirasi bagi negara2 lain yang punya daerah bekas tambang….
    pengen deh bisa menikmati t4 tsb…

  • 2. Tulus Imaro  |  22 Juli, 2007 pukul 09:53

    bagus juga, tapi gw kok kaga srek aja ngeliatnya …
    bekas gitu lo!!

  • 3. arma  |  8 Agustus, 2007 pukul 16:48

    keren banget….

  • 4. helmy  |  29 Agustus, 2007 pukul 23:19

    sumpah TOP abis. idenya ada2 aja kaya bisa didaur ulang buat jadi tempat yang berguna.

  • 5. Fahir.IPB '44  |  26 September, 2007 pukul 14:27

    Menurutku Indonesia lebih banyak peluang membuat seperti itu, hanya saja Dinas Pariwisata Kurang memiliki Uang untuk membangun Hotel seperti itu,,,
    Dan keterbatasan SDM di Indonesia kurang mengenai Peluang pemanfaatan SDA yang ada..
    Diharapkan Kepada para Cendikiawan dan Insinyur/ST, agar mengamalkan Ilmunya yang Inovatif, bukan mencontek Ide Negara lain…
    Hidup Indonesia…
    Hidup Pertanian…
    Hidup Mahasiswa…

  • 6. madam  |  5 Desember, 2007 pukul 15:36

    9iLa..
    maNtep..
    cB ad kY 9tw d Ind.,,
    tP 9k mun9kin b9d 9tw,,

  • 7. Elang  |  22 Mei, 2008 pukul 00:30

    Bagus tuh, kayaknya semua bekas tambang bisa di mamfaatkan jangan habis manis… sepah dibuang

  • 8. rolis  |  2 September, 2008 pukul 11:18

    kren bngt……..

    klo bsa ini disebar luas kan pda masyarakat indonesia,spya tambang g di cap sbgai persk alam saja….

  • 9. rizal  |  4 November, 2008 pukul 19:56

    bagu-bagus itu pemikiran yng sang jenius..
    pemanpatan bekas tambabg jg lebih teraah..
    brapo…brapo..
    buat sang punya gagasan..

  • 10. Julia  |  19 Juni, 2009 pukul 09:38

    brilliant juga ide ini bahkan bisa di bilang jenius abiz….., gimana ya bila yang punya ide (yang punya gagasan ) di mohon unt uk memanfaatkan bencana lumpur lapindo di sidoarjo jatim…..dikonsep menjadi hotel yang ramah lingkungan dan yang futuristik juga ?
    Wah bener-2 sangat bermanfaat dech….

  • 11. Hendrich  |  23 Juni, 2009 pukul 20:27

    Idenya bagus banget harusnya pemerintah Indonesia bisa merencanakan seperti itu karna begitu banyaknya tambang yg tdk sesusi amdal reklamasinya.

  • 12. boy buntoro  |  23 Agustus, 2009 pukul 15:09

    gw sebagai insan pari\wisata Indonesia sangat berharap pemerinyah mau berceermin dan bergerak maju untuk embangun pariwisata Indonesia..tidak usah malu untuk meniru konsep,kita bisa lebih baik di pemgembangannya…Tourism is Wonderful

  • 13. bayu  |  27 Februari, 2010 pukul 16:07

    wah klo ja KORUPSI g ada INDONESA bisa buattu lebih banyak a murah ………amin

  • 14. jon kennedi  |  21 Agustus, 2010 pukul 15:08

    creatif, kelak aku ingin menyulap bekas tambnag di indonesi menjadi tempat wisata

  • 15. agus susanto  |  14 Maret, 2011 pukul 14:28

    manta aaaaaaaaaaaaaaabbbbbbbbiiiiiiiiiis,kapan ya indonesia punya n manfaatkan potensi bekas-bekas tambang

  • 16. cool21051994  |  20 Maret, 2012 pukul 15:10

    kalo saja ind0nesia maju pasti akan bisa buat hotel seperti itu pejabat nya koruptor punk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,277,182 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: