Karena Telur Kaya Nutrisi, Jangan Lupa Berikan Anak 1 Butir Telur Sehari

27 November, 2013 at 10:10 Tinggalkan komentar

eggDisadur dari DetikFood

Rasa empuk gurih telur sangat disukai anak-anak. Telur juga kaya akan sejumlah nutrisi penting yang diperlukan anak. Karena itu sangat dianjurkan untuk memperkenalkan telur sebagai bagian nutrisi penting dalam makanan anak.

Telur juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, tulang dan gigi, vitamin D yang juga berperan dalam mendukung kesehatan tulang dan gigi, choline yang penting untuk fungsi otak dan kesehatan jantung dan selenium penting untuk fungsi tiroid.

Menurut Pritasari, SKM, M.Sc, Ahli Gizi kepada Detikfood (24/11/2013), telur termasuk protein hewani yang paling sempurna. Kebanyakan anak kecil sangat menyukai telur karena rasanya yang gurih. Menurutnya, memperkenalkan telur kepada si kecil bisa dimulai sejak umur 8 bulan, sebaiknya di kenalkan yang bagian kuning terlebih dahulu.

Secara bertahap saat berumur 10 bulan pemberian telur dalam bentuk utuh (bagian kuning dan putih) dapat diberikan jika tidak terjadi reaksi alergi misalnya. Akan tetapi alergi ini tergantung dari daya tahan tubuh anak sendiri. Secara umum, rata-rata konsumsi telur 1 butir sehari diperbolehkan untuk anak sampai dengan remaja.

Anak-anak dibawah usia 2 tahun dapat diberikan telur 3 kali dalam seminggu. Untuk anak usia 2 tahun ke atas dalam seminggu sebaiknya konsumsi telur maksimal 5 butir. Dari segi volume untuk pemberian 1 butir telur ayam sama dengan 1 butir telur bebek. Jika ingin memberikan telur puyuh dapat diberikan sebanyak 4 butir telur puyuh.

Protein hewani yang baik tidak hanya berasal dari telur akan tetapi dari ikan atau pun daging. Untuk itu sebaiknya berikan makanan yang beragam termasuk protein. Karena pemberian makanan yang beragam lebih baik dari mana pemberian makanan dengan satu jenis saja.

(odi/fit)

Iklan

Entry filed under: Lingkungan Rumah, Sehat Hijau. Tags: .

Kampanye Anti Soup Sirip Hiu Kandungan Nutrisi Telur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,232,477 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: