Hemat Air, Hemat Uang, Bantu Lingkungan Kita.

30 Januari, 2007 at 18:10 5 komentar

Beberapa fakta mengenai air:

1. Kamar mandi di rumah menggunakan hampir 70% dari seluruh penggunaan air
2. 15% air dipakai di dapur
3. Sisanya digunakan untuk mencuci baju dan menyiram kebun
4. Setiap orang rata-rata menggunakan 300 Liter air setiap hari

Dari seluruh air yang ada di bumi, 97% adalah air laut. Dimana 3% sisanya adalah air tawar dan hanya 1% saja yang tersedia untuk digunakan seluruh manusia. Karena 70% badan kita mengandung air, maka konsumsi pun naik seiring dengan bertambahnya penduduk. UNESCO sudah memprediksi bahwa di tahun 2020, dunia akan mengalami krisis air global. Sudah waktunya kita menghemat air demi kepentingan lingkungan dan anak cucu kita.

Ada beberapa ide yang dapat membantu pengurangan penggunaan air. Diantaranya adalah:



1. Matikan air kran sewaktu menggosok gigi. Lebih baik menggunakan gelas sehingga air tidak mengucur terus menerus.

2. Jangan mandi terlalu lama. Mandi adalah pengguna air kedua setelah wc. Rata-rata bila mandi menggunakan shower akan menghabiskan 15-20 Liter per menit. Mandilah kurang dari 5 menit.
Matikan shower selagi memakai sabun dan shampoo. Nyalakan hanya sewaktu membilas.

3. Cek semua pipa yang bocor. Pipa bocor yang dibiarkan akan sangat boros bila dibiarkan berhari-hari. Bila rata-rata bocor tersebut adalah satu tetes per detik, maka hasilnya adalah pemborosan 25 Liter air per hari dan akhirnya adalah 10.000 Liter per tahun.

4. Jangan buang air yang kemungkinan dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman atau jalanan, seperti air hujan yang tertampung di ember atau air dari AC.



5. Gunakan toilet dengan sistem dual flush (atau 2 tombol flush). Dengan sistem ini kita dapat memilih antara flush setengah atau full. Survey telah membuktikan bahwa sistem ini dapat menghemat sampai dengan 68% dari seluruh keperluan di wc. Salah satu pembuatnya adalah Caroma dari Australia.

6. Bila anda tidak ingin mengubah toilet anda, maka anda dapat menggunakan botol plastik 1.5 atau 2 Liter yang diisi air dan diletakkan di dalam wc anda. Maka anda akan menghemat sebanyak botol tersebut pada setiap flush wc anda.


7. Minimalkan penggunaan air panas. Air panas sangat banyak menggunakan energi untuk mengubah air dingin menjadi panas.



8. Matikan dulu air sewaktu menggosok piring dan perabot dapur.


9. Siram tanaman hanya diwaktu pagi atau malam untuk mengurangi evaporasi dari air tersebut.

10. Gunakan sistem air abu-abu (grey water system) untuk memakai kembali pemakaian air dari bekas mandi dan wastafel yang sudah di filter kembali. Contohnya adalah dari BRAC Water. http://www.bracsystems.com


Mari kita bersama-sama saling membantu lingkungan kita. Hal-hal kecil ini dapat menjadi hal besar bila dilakukan bersama. Setiap tetes air berharga.

Entry filed under: Lingkungan Rumah.

Alat Elektronik yang "Stand-By" Boros. Masa Sih? Eco-Driving. Perlu dilakukan semua pengendara mobil

5 Komentar Add your own

  • 1. Endahkoewadi  |  12 Mei, 2008 pukul 19:18

    Tambahan aja, hendaknya setiap kita menghabiskan minum dari gelas kita atau dari gelas air mineral kita. Biasanya minum hanya separuh saja lalu dibuang. Sayang sekali khan; karena untuk memperoleh air bersih memerlukan proses yang tidak mudah. Ayo kita selamatkan bumi dengan hemat air mulai sekarang

  • 2. M.Mawardi  |  13 Mei, 2008 pukul 11:54

    Tambahan fakta: Air bekas digunakan untuk berwudhu masih bisa digunakan lagi untuk menyiram tanaman, memelihara ikan dan sebgainya.
    Konsumsi air untuk wudhu : jika setiap orang setiap kali berwudhu menghabiskan 3 lt air, dan berwudhu 5 kali dalam sehari, maka konsumsi air wudhu ini perorang perhari = 15 ltr. Jika orang yang berwudhu 5 kali sehari di negara kita ada 10 juta saja, maka akan memerlukan air sebanyak 150 juta ltr !!!. suatu jumlah yang besar. Maka jika air sebanyak itu bisa dimanfaatkan ulang, atau setiap orang yang berwudhu bisa menghemat air menjadi hanya 2 ltr saja untuk setiap kali wudhu, maka akan terjadi penghematan air yang luar biasa besar. Itu baru 10 juta orang, kalu ada 50 juta atau 100 juta orang, berapa air yang bisa dihemat ??> Mari kita seriusi maslah penghematan air ini sebelum krisis melanda negeri kita pada tahun 2020. OK. Salam untuk semua yang masih peduli terhadap masalah lingkungan terutama sumberdaya air.

    Muhjidin Mawardi,
    LLH PP Muhammadiyah.

  • 3. Hemat Air « ceccecute  |  20 Agustus, 2010 pukul 10:14

    […] Hemat Air, Hemat Uang, Bantu Lingkungan Kita. […]

  • 4. yoedhis  |  21 November, 2010 pukul 09:20

    menarik, menggugah, enteng dan bermanfaat

  • […] kecil yang jika kita lakukan secara massive akan memberikan manfaat yang besar. Dikutip dari Akuinginhijau.Org. hal-hal yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu menyelesaikan masalah air ini […]

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2.475.596 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabung dengan 318 pelanggan lain