Mau hemat tapi adem? Pasang Kipas Angin

10 Mei, 2007 at 13:20 5 komentar

Fan dan AC

Kipas angin sudah dipergunakan orang sejak dahulu dan diketahui sebagai alat yang efektif untuk mendinginkan badan. Kipas angin memang bisa membuat badan terasa beberapa derajat lebih dingin karena adanya gesekan antara udara dan kulit sehingga dengan adanya evaporasi akan menurunkan temperatur kulit. Memang sebenarnya kipas angin tidak membuat udara menjadi lebih dingin tetapi karena adanya gesekan udara dengan kulit tersebut maka udara panas disekitar tubuh kita pun dipindahkan. Sama seperti kita meniup kopi atau sup yang panas, udara yang kita tiup tidak mendinginkan tetapi memindahkannya keluar dari mangkuk sehingga terjadilah efek pendinginan.

Kota besar di Indonesia, khususnya Jakarta yang dekat dengan pantai menggunakan AC dengan sangat banyak, dirumah dan dikantor. Energi yang diperlukan pun sangat banyak. Diperkirakan 60% pengeluaran energi di perkantoran adalah untuk AC atau pendingin ruangan. Dengan adanya efek pemindahan udara dari kipas angin, diperkirakan bila AC dipergunakan bersama dengan kipas angin, maka akan mendapatkan efek angin dingin sebesar 5 derajat celcius. Bila untuk setiap derajat yang kita naikkan bisa menambah 3-5% penghematan energi, maka total penghematan bisa mencapai 33% karena untuk memasang satu kipas angin di plafon hanya memakai 40-100 watt listrik, dibandingkan dengan 4000-6000 watt yang dipakai oleh AC central.

Untuk dirumah pun begitu. Bila anda di area yang cukup adem, mungkin anda akan sudah merasa cukup dengan menggunakan kipas angin, apakah yang terpasang di plafon atau yang berdiri. Tetapi untuk daerah yang cukup panas, kombinasi antara AC dan kipas angin akan banyak bermanfaat dan menghemat juga. AC di rumah yang 1PK menggunakan antara 800-1200 Watt listrik, dimana kipas angin dirumah bisa hanya menggunakan 40-60 Watt listrik saja atau hanya sekitar 5-10% listrik. Anda dapat bayangkan penghematan yang bisa didapatkan. Terlebih lagi, harga beli kipas angin dan AC sungguh jauh berbeda. Dari itu pun anda sudah dapat banyak menghemat.

Pasang kipas angin di semua ruangan seperti ruang makan, ruang dapur, kamar anak, kamar tidur dan ruang tamu. Pasang AC di tempat-tempat yang sangat diperlukan saja. Untuk lainnya, hematlah sambil ngadem.

Iklan

Entry filed under: Lingkungan Kerja, Lingkungan Rumah.

Konsumsi Energi PlayStation 3, XBox 360 dan Nintendo Wii. Baca dulu sebelum beli. Olahraga sehat yang ramah lingkungan

5 Komentar Add your own

  • 1. aroengbinang  |  16 Mei, 2007 pukul 07:00

    dengan smakin santernya isu global warming, orang perlu menyadari bahwa kenikmatan hari ini bisa menyumbang pada bencana di kemudian hari yg akan dialami kuturan kita.

    ada rasa tanggung jawab yg perlu ditumbuhkan, ada kerelaan berkorban yg ditiupkan, dan tentunya pemakaian uang dan sumber daya yang lebih baik. salam.

  • 2. corianderleaves  |  29 Juni, 2007 pukul 16:14

    wear as little clothes as possible works best for me ;p

  • 3. PheRonZ  |  12 Maret, 2008 pukul 14:13

    HiduP PeNGHijauaN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    CiPTakaN LiNGKungaN beRSih n hiJau,,,oKeYH!!!!

  • 4. aku  |  7 April, 2010 pukul 15:15

    yg penting mah tau kewajiban kita sbg manusia

  • 5. arthur  |  16 Agustus, 2010 pukul 11:17

    mantap!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,276,497 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: