Liburan tanpa rencana?

5 Oktober, 2007 at 13:41 2 komentar

Liburan sudah semakin dekat. Ada yang sudah punya rencana sejak beberapa bulan lalu, tetapi ada juga yang cuma mau istirahat dirumah. Jauh dari kesibukan kantor dan hiruk pikuk jalanan. Memang kadang kita perlu waktu untuk diri kita sendiri dan hal itu bukan berarti hanya duduk-duduk tidak mengerjakan apa-apa, tetapi bisa tetap produktif. Malah ada penelitian yang bilang bahwa untuk menghidupkan kreativitas anda, kadang kita harsu mengerjakan hal-hal diluar kebiasaan. Karena itulah kadang perusahaan yang berpusat pada kreativitas seperti perusahaan desain, pembuatan software atau consulting punya trik-trik khusus untuk mengembangkan kreativitas. Mulai dari outbound bersama, bermain playstation, olah-raga atau mengerjakan hal-hal baru.

Untuk yang bingung liburan ini mau ngapain, ada beberapa tips untuk menyibukkan diri yang bisa juga membantu lingkungan kita. Jangan salah, kalau mau bilang secara lingkungan, kalau anda tidak ada kemana-mana itu pun

  1. Berkebun. Hidupkan kembali taman anda yang sudah lama tidak diurus. Kalau rumput sudah mulai botak, beli kembali dan coba rawat. Kalau pot anda banyak yang kosong, mulai diisi dengan tanaman-tanaman yang dapat menyejukkan dengan memberikan oksigen tambahan, mengurangi polutan serta mempercantik rumah.
  2. Membersihkan Bagian Belakang Kulkas. Apakah anda pernah melihat bagian belakang kulkas anda? Bagian belakang kulkas memuat kondensor yang bila berdebu bisa mengakibatkan kulkas yang tidak efisien. Bersihkan dengan vakum atau di lap saja. Kalau kulkas semakin efisien maka anda pun bisa menghemat dan dengan mengurangi pemakaian energi yang tidak perlu, anda juga membantu lingkungan.
  3. Bersihkan got dan talang atap rumah. ada banyak keuntungan dari hal yang mudah dilakukan ini. Yang pasti rumah jadi semakin bersih, sekalian bersiap-siap untuk musim hujan yang sebentar lagi tiba. Tetapi yang paling penting adalah, bila talang atap rumah anda penuh dengan debu dan serpihan daun, maka air sulit untuk bergerak atau menyisa sehingga bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Got yang tidak lancar pun sangat berbahaya bagi kesehatan dan pastinya kalau tidak lancar menyebabkan banjir. Kalau ada beberapa orang di lingkungan anda yang tidak bepergian, ajak mereka bersama-sama membersihkan got. Kalau rame-rame kan lebih seru.
  4. Membuat tong penadah air hujan. kalau anda senang berkreasi, anda bisa melakukan ini dengan mudah. Bila got anda sudah dibersihkan tetapi tetap saja tidak jalan, anda harus siap dengan tong penadah air dari talang anda. Panduan ada di artikel mengenai Tong Penadah Air Hujan yang sudah ditulis sebelumnya. Kalau sudah anda coba, maka harus ditularkan juga ke lingkungan sekitar agar semakin banyak efeknya semakin baik.
  5. Mumpung jalanan sepi, pakai sepeda untuk bepergian. Banyak yang pikir pas jalanan sepi mendingan naik mobil yang biasanya selalu kena macet. Tetapi lebih baik lagi berpikir, biasa kalau naik sepeda kemana-mana kena polusi, nah ini dia waktunya kemana-mana naik sepeda dengan polusi yang berkurang. enjoy deh.
  6. Bersihkan filter AC rumah anda. Membersihkan AC tidak usah terpikir yang berat bahwa anda harus menyemprot kondensor dll. Tetapi filter AC yang bersih pun sudah dapat memberikan efek untuk udara yang lebih bersih dan penggunaan AC yang lebih efisien sehingga bisa menghemat energi juga. kalau anda punya kipas angin yang jarang dibersihkan, jangan lupa dibersihkan. Bukan untuk menghemat energi, tetapi agar debu dibersihkan sehingga ruangan bisa jadi lebih bersih dan anda lebih sehat.
  7. Rawat mobil anda. Kalau anda selalu sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk merawat mobil anda kecuali ke bengkel, ini saatnya anda membersihkan filter, mengisi air aki, mengisi air radiator dan mengisi tekanan ban anda. Semua hal kecil ini dapat membuat mobil bekerja dengan lebih efisien.
  8. Perbaiki kran, pipa air dan selang yang bocor. Kita sering juga melihat selang yang sedikit bolong, kran air yang menetes, atau sambungan pipa air yang bocor tetapi tidak melakukan apa-apa dengan alasan tidak ada waktu dan kalau harus memanggil tukang akan memakan biaya. Padahal hal ini tidak sulit dilakukan. Anda bisa membeli seal karet ataupun seal yang seperti odol. Hal ini bisa anda lakukan dengan banyak waktu di liburan nanti.

Sekarang paling tidak ada beberapa kegiatan yang bisa dipilih agar liburan anda tetap bisa bermakna dan memberi manfaat walaupun tidak kemana-mana. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan sebelumnya karena toko bangunan juga akan tutup.

Selamat berlibur!

Iklan

Entry filed under: Lingkungan Rumah.

5 hal yang dapat dilakukan sebelum pergi liburan Atap Hijau di Belantara Beton Kota

2 Komentar Add your own

  • 1. aacor  |  11 Oktober, 2007 pukul 10:27

    wah ini bisa berguna untuk ngisi liburan yang panjang banget..

  • 2. arnold  |  28 September, 2009 pukul 18:07

    Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping, pembuatan dan penjualan tenda,
    Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
    silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
    email : tendakubandung@yahoo.com
    thx..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,238,239 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: