Words of Blogs

27 Desember, 2007 at 15:30 3 komentar

Air daun 1Tidak terasa jumlah hit pengunjung blog ini sudah mencapai 50.000 sejak blog mulai dibulan Januari 2007. Jadi pas mau setahun. Mungkin untuk beberapa pembaca ini adalah statistik yang tidak penting dan tidak signifikan. Tetapi saya ingat sewaktu memulai blog ini dan memperhatikan statistik yang diberikan. Pada saat pertama mulai, jelas tidak ada yang mengetahui blog ini dan tidak ada pengunjung 🙂 tetapi setelah beberapa minggu dengan posting yang reguler dilakukan, statistik pun mulai menanjak, 2… 3… 5… 10… dst.

Saya ingat sewaktu angka sudah menunjuk 10 per hari saya bilang ke istri saya,” wah… kalau bisa ada 10 orang saja setiap hari yang melihat blog ini dan 10% atau 1 orang saja mau berubah, kalau setiap hari seperti ini berarti dalam setahun ada 360 orang yang berubah.” Kata berubah disini berarti orang itu mau merubah gaya hidupnya ke arah yang lebih ramah lingkungan.

Pemikiran saya adalah, kadang kita mengetahui atau menemukan sesuatu hal yang berguna untuk kehidupan sehari-hari kita. Tetapi kalau hal itu tidak diberitahukan kepada orang lain maka hanya kita saja yang tahu dan akhirnya tidak berkembang. Kalau kita komukasikan one-to-one dengan keluarga atau teman bisa saja tetapi makan waktu. Dengan blog ini, saya bisa mendapat akses untuk menjangkau lebih banyak orang dengan sekali menulis. Hal ini menjadi sangat efektif dalam mensosialisasikan apa yang kita ketahui.

Hal ini berbeda dengan orang yang merasa mengetahui banyak hal tetapi tidak mau membagi, atau orang yang bilang,”harusnya orang itu begini dan begitu” tanpa pernah mengajarkan, karena orang yang melakukan salah itu mungkin tidak mengetahui cara yang lebih baik atau benar. Makanya harus ada edukasi masyarakat karena gak semua orang tiba-tiba mendapat ilham akan hal tertentu. Blog ini menjadi suatu sarana edukasi untuk banyak orang yang mungkin sewaktu baca bisa bilang “a-ha” atau “ini sih saya juga tau” karena banyak hal memang sungguh jelas/kentara tetapi belum dilakukan. Mungkin dari membaca blog ini jadi bisa mendapatkan ide dan kejelasan yang baru.

Dengan adanya optimisme tersebut, maka saya pun secara reguler mencoba untuk menulis hal-hal yang baru walaupun kadang bisa absen hingga 2 minggu karena pekerjaan yang menumpuk atau keluar kota.

Sedikit demi sedikit, pengunjung dan hit dari blog pun terus bertambah dan bila diperhatikan dari statistik yang ada, pengunjung yang datang itu awalnya kebanyakan mulai dari search di google mengenai hal tertentu, dan semakin lama banyak orang yang memasukkan artikel ke blog mereka, agregrator ataupun hanya sebagai link ke blog Aku Ingin Hijau. Hal-hal inilah yang ternyata membuat pengunjung blog bisa bertambah secara eksponensial.

Kalau dahulu kita selalu dengar “Works of Mouth” sebagai media penyampaian berita atau informasi. Sekarang dengan mudahnya kita bisa membuat link di website kita sebagai acuan ke media lainnya. Inilah yang saya sebut sebagai “Words of Blogs.”air daun 2

Oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memasukkan link blog Aku Ingin Hijau, apakah sebagai artikel, blogroll, saduran, dsb. Hal ini telah membantu semakin banyak lagi orang mengetahui hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk membantu lingkungan kita.

Pada akhirnya, blog ini sungguh menjangkau banyak kalangan demografi tanpa memandang umur dan aspek lainnya. Sama seperti setitik air yang jatuh dan memberikan efek riak air yang semakin besar, sekali lagi terima kasih untuk semua orang yang sudah mendukung blog Aku Ingin Hijau dengan membaca, menyebarkan, memberi link, memberi komentar, dan memberi ide baru sehingga blog ini pun menjadi lebih hidup.

Iklan

Entry filed under: Manifesto Hijau.

Wisata Alam Pendidikan di rumah tangga masing-masing

3 Komentar Add your own

  • 1. rumahkayubekas  |  28 Desember, 2007 pukul 19:32

    Semangat terus yu,
    Semoga semakin banyak kita- kita yang tahu dan mau,
    Demi dunia yang hijau,
    Demi juga kehidupan nanti anak- cucu,

    Kita mulai yu,
    Mulai dari yang kecil dan mudah dulu,
    Hari ini juga, jangan lagi ditunggu,
    Dan dari kita sendiri tentu,

    Hijau yu kita hijau,
    Entah itu hijau dalam berprilaku,
    Entah itu hijau dalam berilmu,
    Juga hijau dalam berguru,

    Selamat ber”aku ingin hijau”
    Selamat berbagi ilmu,
    Selamat dengan pedulinya yang duh begitu membantu,
    Ngga lupa juga selamat tahun- baru,

  • 2. dodolipet  |  30 Desember, 2007 pukul 09:26

    Untuk rumahkayubekas,

    thanks untuk puisi yang begitu bagus… jadi terharu 🙂

    Tanpa dukungan semua orang, blog ini pun tidak berarti dan tidak berkembang. Triama kasih untuk dukungannya.

  • 3. indyastaric06  |  12 Juni, 2010 pukul 12:32

    wah..puisinya menyentuh..mksh ya

    (http://indyastaric06.student.ipb.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,260,647 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: