Apa warna cat luar rumah anda?

19 Februari, 2007 at 17:45 51 komentar

Warna Rumah
Satu hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk membantu mendinginkan rumah anda adalah warna cat tembok luar rumah anda.

Warna tembok yang gelap akan menyerap panas antara 70-90% dari seluruh radiasi sinar matahari yang mengena pada daerah tersebut. Sebagian dari panas ini akan masuk ke dalam rumah dengan cara konduksi di tembok yang akan mengakibatkan panas di dalam rumah. Hal ini akan menambah energi yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan hingga 20%.

Warna yang terang akan memantulkan sebagian besar dari sinar dan panas menjauh dari rumah anda. Warna tersebut tidak harus berwarna putih saja, tetapi warna hijau atau biru pun pilihlah yang berwarna muda dan terang.

Tembok dengan tanaman menjalar juga dapat melindungi tembok dari panas dengan mem-blok sinar matahari serta memantulkannya terlebih dahulu. Pilih tanaman menjalar yang mudah dirawat.

Kontribusi sekecil apapun akan terus menghemat energi kita dan memperbaiki lingkungan.

About these ads

Entry filed under: Lingkungan Rumah. Tags: .

Bingung mau memberi kado? Give A Tree! Dicari: penyebar “Inconvenient Truth”

51 Komentar Add your own

  • 1. andri  |  17 Januari, 2008 pukul 12:27

    Agak bingungin nih.
    Kalau cat warna gelap, panas akan terserap dan masuk ke dalam rumah. Trus bagaimana panas ini akan “menambah energi untuk menyejukkan ruangan hingga 20%” ? Bukannya justru bikin panas ruangan?

  • 2. dodolipet  |  17 Januari, 2008 pukul 12:54

    maksudnya menambah energi yang diperlukan untuk menyejukkan ruangan seperti AC.

  • 3. yadi  |  18 Januari, 2008 pukul 11:23

    @blogger
    sorry, saya jadi bingung tentang ini.
    bila warna cerah memantulkan sinar/cahaya matahari, apakah ini tidak sama dengan efek pemantulan sinar dari gedung bertingkat yang memakai kaca (reflector) untuk hemat energi AC?
    apakah ini tidak menimbulkan efek cuaca jadi panas, karena energi panas tidak diserap tapi dipantulkan?

    anyway. good idea @blogger.

  • 4. rissa  |  3 April, 2008 pukul 10:19

    bingung juga niy, sama kaya akhi yadi. kalu panasnya dipantulkan cuaca jadi panas banget. kalu gitu ngerugikan orang lain dunk? duuuuh… bingung..:D

  • 5. Mamik Setyarini  |  14 April, 2008 pukul 08:44

    Mau tanya masalah warna rumah. rumah saya dua lantai. yang mau saya tanyakan ? bagaimana sebaiknya untuk warna rumah, apakah lantai 1 dan 2 cat nya harus satu warna apa beda waran ?
    yang kedua begitu juga cat untuk luar dan dalam rumah, sebaiknya satu warna apa beda warna? atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  • 6. aNi  |  22 April, 2008 pukul 11:21

    rumah qu kecil d cat putih..
    di dpn rumah da taman kecil..
    brarti keluarga qu dah menghemat energi dunk..
    hehe..

  • 7. yuni  |  26 Mei, 2008 pukul 11:41

    Mau Tanya donkz,,,

    untuk Kamar bagus nYa warna apa ? HIJAU atau Kuning ?
    Trz merek Cat yg bagus apa ? yg bisa mengeluarkan warna sebenar nya/

    Tkg di balaz,,,

    Thx/tyuni

  • 8. Ze'  |  27 Mei, 2008 pukul 16:44

    @mas yadi dan mbak rissa.
    sebelumnya mohon maaf kepada mas admin, karena dah nyerobot jawab. ^_^

    yang dimaksud efek rumah kaca bukanlah karena banyaknya kaca-kaca gedung-gedung bertingkat sehingga memantulkan sinar matahari sehingga lingkungan menjadi panas, dan karena panas itu sehingga disebut sebagai “efek rumah kaca”.

    bukan demikian keadaannya. efek rumah kaca adalah berlubangnya lapisan ozon akibat CO2 yang terus menerus dihasilkan, yang membuat sinar matahari menembus langsung ke bumi tanpa ditahan dulu oleh ozon, sehingga seperti rumah kaca yang transparan. begitu yang saya tahu. cmiiw. ^_^

  • 9. andre  |  27 Mei, 2008 pukul 18:16

    wah dinding pagar tembok rumah saya tanami tanaman dolar-dolaran yang mudah tumbuh dan memberi kesan rindang. lagi pula memangkasnya paling cukup sebulan sekali atau kalo musim hujan 2 minggu sekali, dan dinding bebas dari kebutuhan cat, dan dinding jenis ini juga tidak perlu ditreatment yang sempurna.

  • 10. ardy  |  28 Juni, 2008 pukul 17:58

    Wah rumah saya kecil dan gak ada apa2nya, saya hemat energi banget dunk berarti.. haha^^
    Tapi jujur bingung tentang warna, kalo ada masalah gini gimana?? pingin warna gelap trus abis baca artikel gelap bikin panas dan harus terang, tapi dia maunya gelap gmn dunk?? apa perlu catnya kayak papan catur biar imbang gitu ya?? maap gak ngerti apa2, hehe

  • 11. jbesuni  |  10 Juli, 2008 pukul 13:58

    @ardy
    hahaha catur bole jg tuch ato zebra aja..
    kalo mslh warna,kembali ke selera asal aja,so untuk itu dlm ruangan musti ada cross ventilation tuch,jgn cm andalkan AC doank..

  • 12. @disty  |  17 Juli, 2008 pukul 16:13

    saya mau mengecat kamar, tapi bingung mau warna apa…
    apakah wana hijau tua terlalu gelap? saya ingin hijau tua karena konon katanya hijau bisa menenangkan….
    mohon jawabannya.

  • 13. Rosi  |  29 Juli, 2008 pukul 09:12

    Adisty, ga harus ijo tua kale.. kamu bisa padanin ijo apel segar di satu sisi (yang ada ranjangnya misalnya) dan ungu pastel di sisi lain (sisi dimana kamu naruh meja belajar misalnya) sedangkan 2 sisi lain, cat putih aja biar ga keramean. Sementara furniturnya pilih kayu yang dicat duko warna terang, aku saranin sih putih, begitu pula meja belajar kamu. Untuk soft furnishing seperti kursi belajar, bantal, ato karpet di samping ranjang, bisa dipilih yang berwarna-warni (pink ato ungu pastel favorit kamu) kamar jadi adem, girly & cantik. Selamat berkreasi !

  • 14. Sofia Mala Dewi  |  7 Agustus, 2008 pukul 10:27

    saya mau mengecat rumah bagian depan dengan warna hijau agar lebih menarik saya kasih kombinasi warna apa ya selain hijau dan saya mesti memilih warna hijau tua apa muda? dan rumah saya tampak depan lebih sering terkena sinar matahari langsung hingga muadh pudar warna catnya. terima kasih
    mohon jawabannya

  • 15. tt  |  29 Agustus, 2008 pukul 10:04

    mau nambahin ne yang di omongin ze……
    setahuku yg d maksud ‘efek rumah kaca” tu sinar matahari yang langsung masuk ke bumi karena berlubangnya ozon, terperangkap di atas permukaan bumi sehingga lama kelamaan bumi menjadi tambah panas. jadi persis klo kita ada di dlam rumah kaca

  • 16. vivi  |  24 September, 2008 pukul 09:12

    Saya mau tanya, warna rumah minimalis sebaiknya yang cocok itu warna apa? Dan klo untuk perpaduan warna hitam dan pink gmn?
    bukankah klo rumah berwarna gelap, rumah akan terlihat lebih sempit, gelap, dan lebih panas jika ada matahari.

    Saya tunggu jawaban anda

    thx

  • 17. retno  |  3 Oktober, 2008 pukul 18:58

    Mau tanya nech… kalo untuk cat luar warna coklat muda bagus tidak yach…. soalnya warna kusen sudah coklat tua… dan pagarnya juga berwarna hijau tua…. bingung nech….. tks, saya tunggu jawabannya

  • 18. Rika Oktianti  |  13 November, 2008 pukul 16:49

    Saya binggung dengan artikel di atas.
    Jadi yang disarankan untuk warna cat luar rumah itu yang berwarna gelap atau terang?

  • 19. vara  |  8 Februari, 2009 pukul 05:58

    mw tanya nee,warna keramik lantai teras rumah saya warnanya hijau tua.enaknya temboknya di cat warna apa ya??
    thanks jwbnnya…

  • 20. ayu  |  26 Februari, 2009 pukul 21:35

    saya baru saja merenovasi rumah saya, sekarang dalam proses finishing,,, saya bingung warna cat luar rumah yang bagus apa???
    soalnya atap genteng rumh sy berwarna biru terang. warna yang senada dengan warna atap seperti itu sebaiknya apa???
    apakah warna yang soft atau bagaimana?? agar terlihat indah dan cantik..

  • 21. rosma  |  6 Maret, 2009 pukul 23:37

    saya baru kelar renov. ruang service semi taman, semi terbuka di samping kamar tidur saya. dinding ruang tsb. diarsir halus (kyk rumah minimalis) kira2 bagusnya saya kasih cat warna apa ya ???

  • 22. ichwan  |  8 Maret, 2009 pukul 22:33

    Saya mau tanya saya kesal sama coret-coret di tembokl uar rumah saya yang sangat mengganggu ada yang tahu tidak harus dicat pakai warna apa trus jenis catnya apa trus biar yang suka corat-coret malas coretin tembok lagi alias pyloxnya tidak bisa untuk coretin tembok saya lagi terima kasih

  • 23. soedariyanto  |  12 April, 2009 pukul 00:00

    kalau mau cat yang mampu menahan panas matahari(memantulkan) sehingga pemakaian penyejuk udara bisa di kurangi kami ada solusinya ,dengan cat orca zink coat anda mampu berkreasi lebih,tanks

  • 24. soedariyanto  |  12 April, 2009 pukul 00:13

    orca zink coat adalah cat yang dapat memantulka sinar panas secara absolut sehingga benda yang di cat dgn orca zink coat tidak mengakumulasi panas radiasi matahari http://groups.google.com/group/orca-group?hl=in

    http://antoksawunggaling.blogspot.com/

  • 25. sodik suryanto  |  11 Mei, 2009 pukul 13:49

    rumah saya lantainya berwarna merah, warna apa yg cocok untuk dindingnya

  • 26. harris  |  25 Mei, 2009 pukul 14:04

    saya jg bingung krn pengennya warnanya kombinasi antara eksterior dan interior, maunya sih warna hijau dominan hijau, warna lantai saya putih

  • 27. jacko  |  13 Juni, 2009 pukul 18:24

    sy mau konsultasi, sy mau cat rmh sy abu2 (minimalis) trs warna kusennya apa ya (sy ga mau putih), sm warna gentengnya apa?

  • 28. Novi oktavianti  |  18 Agustus, 2009 pukul 12:50

    saya tertarik dengan ulasannya, sekarang saya mau tanya kebetulan kemarin ini saya baru beli rumah. Untuk sementara saya hanya kan mencat ulang rumah tersebut. Berhubung rumah tersebut berukuran rendah dan agak kecil. Apa warna catnya yang cocok agar rumah tersebut terkesan tinggi dan luas..?? selain itu saya juga ingin rumah tersebut yang beratap seng terlihat bersih dan bagus..apa warna cat atap yang bagus dan dari merek apa yang bisa direkomendasikan..???

  • 29. seno palagan  |  21 November, 2009 pukul 07:37

    saya mau cat kamar rumah untuk anak saya umur 1thn, yg cocok warna apa ya? apakahada untuk walpaper kamar dng harga yg terjangkau tp kualitasnya bagus.

    terima kasih

  • 30. vith@  |  28 Januari, 2010 pukul 18:13

    saya mo tanya neh…
    keramik teras rumah warna orange and tiang jg warna orange
    kira2 temboknya warna apa ya yang cocok???
    ga mau monoton orange
    kalo warna pink pantes gak?

    thanks….

  • 31. ya kun  |  2 Maret, 2010 pukul 11:24

    setuju jika di luar rumah ada tumbuhan jalar.
    tapi sebaiknya tumbuhan tersebut jangan merambat di tembok. akibatnya usia tembok akan berkurang. akar masuk ke tembok, tembok sudah tidak kuat, pererat tembok tidak mengabung.

    menyarankan menanam tumbuhan, yang bisa tinggi, bukan tanaman hias. di rumah baik mengelilingi/ ada taman di rumah.

    he………

  • 32. Za  |  21 Juni, 2010 pukul 09:12

    tembok dengan tanaman menjalar itu dapat merusak dinding dan cat tembokpun tak ada artinya jika sudah di jalari tanaman menjalar
    Tanaman merambat sebaiknya ditanam pd Area dinding Landskap agar terlihat alami
    Lagian yang dibahas kan cuma pemilihan cat luar….! bukan fungsi tanaman merambat

    thank’s

  • 33. gamer  |  24 Juli, 2010 pukul 06:11

    Saya mau ngecat rumah saya yang juga berfungsi sbg tempat kursusan. pengennya warna yang ngejreng. ada pikiran untuk pake warna kuning dan hijau. atau kuning dan orange, atau kuning dan biru. tapi masih bingung takut milih merk cat. ada yang punya referensi nggak? trus apakah kombinasi saya diatas dah OK, ada ide lain?

  • 34. RIRIN  |  3 Agustus, 2010 pukul 11:43

    mau tanya, ruang dalam rumah saya warna biru muda, tuk teras n garasi sebaiknya warna apa ya… thanks…..

  • 35. oem  |  27 Oktober, 2010 pukul 14:05

    coba dipraktekin pake loop (kaca pembesar) dipancarkan ke kertas gelap dan cerah yang lebih cepat kebakar yang warna gelap apa warna cerah. klo gelap berarti bener benda gelap lebih cepet panas berarti rumah cat gelap PANAS rumah cat cerah tidak PANAS hemat energi donk (artinya tidak perlu pasang AC) ya mbok. gimana?

  • 36. I A Supeno  |  19 November, 2010 pukul 22:02

    memang bagusnya warna cat luar rumah itu hijau muda, selain untuk menyerap sinar matahari juga dapat menyejukkan mata yang melihat rumah kita

  • 37. tata  |  26 November, 2010 pukul 09:07

    nanya dong, klo kusen rumah saya udah wrna kuning cerahh.. bgusnya, dindingnya wrna apa ya?
    klo bisa selain hijau, soalnya udah di coba kalo hijau..
    makasihh banyakk

  • 38. Joko  |  15 Maret, 2011 pukul 02:38

    Warna keramik rumah hijau yg cocok buat dinding n pintunya cat warna apa ya…trim

  • 39. DeMy  |  6 April, 2011 pukul 18:44

    alow…mau tanya, warna apa yah yg cocok untuk teras rumah sy, mau kombinasi 2 warna, warna atap skrg merah (multiroof), kira2 yg cocok untuk warna tembok dan pilar/profilnya apa yah (kombinasi 2 warnaa ajah)…pengen yg merah dan abu2 gelap…cocok gk yah..thx

  • 40. najwa  |  2 Juni, 2011 pukul 22:32

    mau tanya,dinding ruang tamu sye brwarna ungu lmbt digabunng dengan ungu gelap.warna apakah yang sesuai untuk bhgian siling dan cornish agr gbngn warna yg dcdgkn klihatan sejuk mte memandang n mnmpkkn keluasan?tolonglah bantu…

  • 41. dody  |  13 Juli, 2011 pukul 15:29

    permisi tok..tok…mau kiritanya sdikit pak..
    sy rencana mau ambil rmh KPR type 60.posisi rmh tanah di hook.yg cocok warna didnding teras depan warna apa yaa.warna atap rmh coklat.blske email sy aja pak.Dody.gunawan10@yahoo.com.

  • 42. Cew mniis  |  12 September, 2011 pukul 15:08

    Menurut saya, bagus nya cari earna yg terang contoh nya warna hijau muda, kuning, oren muda, , ,

    di dapur bagus nya warna ungu terang dan ungu2 yg tdk ter lalu gelap agar terlihat manis
    sedangkan kamar harus warna hijau supaya kt terasa nyaman dan tdk panas
    warna hijau menanda kan kesejukkan

    jika rmah yg tingkat tdk bole d cat warna biru kata nya rezeki kita akan di bawa keluar, da itu td bagus

    warna putih bagus di kordinasikan dgn warna kuning atau hijau

  • 43. Dermawan Deri  |  9 Oktober, 2011 pukul 15:08

    bagusnya warnah ijau di gabungkan dengan warna apa???

  • 44. yusuf  |  12 Oktober, 2011 pukul 11:49

    perpaduan warna cat luar, warna hijau muda dengan apa??

  • 45. venus  |  13 November, 2011 pukul 18:55

    Ass.. mau tanya nih, kamar saya ukuran 3×4 (kecil banget yach!),
    saya ingin menganti warna catnya dengan 2 or 3 warna yg bisa mengesankan segar dan teduh di mata. mohon sarannya warna apa saja yg pantas untk kamar wanita dewasa,dan merk apa yg kuat dan bagus.
    Thanks agan dan sista yg mau bantu saran.

  • 46. zyelman  |  20 Januari, 2012 pukul 19:04

    sya bingun hendak memilih warna cat rumah yang bersesuaian dengan atap rumah sya yang berwarna merun..bg pndapat utk saya..

  • 47. Delenas  |  27 Januari, 2012 pukul 21:53

    Saya mau cat rumah yang baru di bikin, warna lantai teras depan biru muda n saya bingung mau milih warna dinding luarnya. Kasih masukan donk bagusnya warna apa biar cocok dg wrna y lg ngetren saat ini ?
    Mohon balasannya .. thanks…!

  • 48. Julmidah Sophiyana  |  3 Februari, 2012 pukul 10:20

    perpaduan warna hijau cocok gak, coklat sm abu2..
    klu gak cocok warna apa yg cocok ,,mksh.

  • 49. Rudy  |  5 Maret, 2012 pukul 19:37

    pilihlah aluminium foil yg terbukti ampuh untuk memantulkan sinar, dapat menugurangi panas hingga 2 derajat, di australia sudah byk yg menggunakannya

  • 50. Rina  |  11 Maret, 2012 pukul 18:45

    aq maU nanyak nech..
    Aq bingung waRna apa yg bagus buat Rmh aq,,
    Rmh aq t moDel sepeRti Ruko memanjang dan tingkat dua,,
    tapi bukan Ruko,,
    sebelumnya Rumah aq cat nya pink..
    Boleh minta saRan,,
    bagus nya waRna cat Rmh aQ apa y…??

  • 51. beny shon  |  7 Mei, 2013 pukul 01:57

    warna rumah saya bagian luar berwarnah hijau tua dan saya masih bingung dengan warna apa yang cocok untuk warna bagian dalamnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 1,728,027 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 310 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: