Malu deh Sungai Citarum ada di blog Treehugger

7 Juni, 2007 at 18:21 3 komentar

Sungai Citarum

Saya dapatkan foto ini dari website blog lingkungan internasional Treehugger.com.

Sungai Citarum sih sudah langganan untuk membawa banjir di daerah Bandung dan terkenal dengan sebutan “kalau tidak hitam sih bukan sungai citarum”. Kalau sampai dibahas di media lingkungan internasional, malu gak sih…

Sudah sejak 2002 disebutkan sekitar 250,000 kantong plastik kresek dibuang begitu saja ke Sungai Citarum oleh masyarakat sekitar. Belum lagi limbah industri dari pabrik tekstil dan lainnya yang mencemari demi sekedar keuntungan perusahaan belaka. Kalau limbah dan sampah tersebut mengendap, maka pendangkalan sungai akan mengakibatkan banjir yang semakin lama semakin parah. Pemerintah Jabar harus bisa mengendalikan semua aspek sungai ini karena daerah sekitar sungai sudah semakin dihadapi dengan masalah penyakit yang semakin meluas akibat polusi dan limbah. Padahal sudah ada Program Bergeutar (Bersih, Geulis, Lestari). Bukan pemerintah namanya kalau tidak kreatif membuat nama program.

Padahal kalau Sungai Citarum yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Jawa Barat ini bersih dan asri, bisa saja dijadikan waterway seperti di Jakarta atau untuk sarana turis.  Pabrik yang ada disekitar sungai juga harus sadar. Mungkin mereka sebenarnya sadar, tetapi kalau tidak ada untungnya, atau bisa menyogok juga sebelum melakukan sesuatu yang susah juga. Pemerintah harus bisa berbuat tegas dengan para pemilik pabrik. Bagaimana dengan masyarakat sekitar juga? Mereka selain protes tentang bau busuk serta polusi juga tetap membuang sampah ke sungai. Bagaimana dengan sosialisasinya? Bagaimana juga dengan sungai-sungai lainnya di Indonesia? Kalau kita lihat negara lain selalu sungai itu menjadi primadona untuk piknik, olahraga sampai tujuan turis. Tapi kalau di Indonesia sungai hanya tempat mangkal tukang sampah yang hidupnya bergantung dari sampah yang mereka kumpulkan.

Jadi bagaimana solusinya?

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan, Berita Lingkungan Lokal.

Waterway Jakarta, Wahana Yang Akan Memaksakan Pembersihan Sungai Tips Hemat Berkendara. Siapa bilang naik mobil sambil buka kaca lebih hemat?

3 Komentar Add your own

  • 1. infogue  |  11 Juni, 2008 pukul 09:53

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://lingkungan.infogue.com/malu_deh_sungai_citarum_ada_di_blog_treehugger

  • 2. 666  |  28 Februari, 2009 pukul 23:34

    hehehe..

  • 3. wafaalend  |  1 Februari, 2012 pukul 18:06

    mau gimana lagi? hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,272,011 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: