PLN Siap Barter Listrik dengan Pelanggan Pengguna Panel Surya

27 November, 2013 at 13:51 1 komentar

solar-power-house

Disadur dari Gatra.com

Jakarta, GATRAnews – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan siap menerima kelebihan energi listrik yang dihasilkan oleh pelanggan pengguna panel surya, dengan menerapkan sistem ekspor impor. Untuk pelanggan PLN yang menggunakan panel surya, PLN akan memasang meter listrik ekspor-impor.

Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat, mengatakan, pengiriman kelebihan listrik ini dapat terjadi karena pelanggan memiliki dua sumber pasokan listrik, dari panel surya dan dari PLN.

“Energi listrik yang diterima PLN dari panel surya akan di offset oleh PLN dengan energi listrik yang dikirim PLN ke pelanggan. Bila listrik yang yang diterima PLN dari panel surya lebih besar dari listrik yang dikirim PLN, maka selisihnya menjadi deposit listrik yang akan diperhitungkan untuk pemakaian listrik bulan-bulan berikutnya,” jelasnya, dalam siaran pers, Kamis (21/11).

Ia menjelaskan, sistem ekspor-impor ini dilakukan PLN kepada pelanggan pengguna panel surya sebagai upaya mendorong percepatan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT), sekaligus menambah kapasitas pasokan listrik kepada pelanggan.

“PLN sangat mengapresiasi upaya masyarakat yang menggunakan energi terbarukan, dalam hal ini energi surya,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para pelangan PLN yang memasang panel surya di bangunan miliknya, dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan listrik secara mandiri selain dari PLN, dapat menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari panel surya tersebut secara pararel dengan pasokan listrik dari PLN.

“Misalnya, dari pukul 07.30 hingga 17.00 pelangan menggunakan listrik dari panel surya miliknya. Kemudian sore, malam, dan jelang pagi, pelanggan beralih menggunakan listrik dari PLN,” jelasnya.

Hingga saat ini sudah ada beberapa pelanggan yang memanfaatkan panel surya ini dan melakukan barter energi listrik dengan PLN. (*/DKu)

Iklan

Entry filed under: Berita Lingkungan Lokal, Bisnis Hijau, Energi Alternatif, Lingkungan Kerja, Lingkungan Rumah, Produk Hijau, TeknoHijau. Tags: , , , .

Kandungan Nutrisi Telur Arti Status Siaga Banjir

1 Komentar Add your own

  • 1. diditkurniadi  |  19 Juli, 2014 pukul 18:05

    Solar On Grid System yang sudah aktif di Jakarta: Kantor Kedubes Austria, SPBU Coco Pertamina Cililitan, Toyota Manufaktur Karawang, SHARP Electronic Indonesia Karawang dll. Selamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Agenda

Archives

RSS Bisnishijau.Org

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye Hijau











Statistik Pengunjung

  • 2,232,771 Pengunjung

Statistik

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: